Sukses

Retno Marsudi Sampaikan 5 Agenda Utama Pertemuan Menlu se-ASEAN

Pertemuan retreat ini sebenarnya dijadwalkan bulan Januari. Namun karena beberapa pertimbangan dan situasi, maka pertemuan diundur menjadi Februari.

Liputan6.com, Phnom Penh - Ada lima poin utama yang dibahas oleh para menteri luar negeri (menlu) se-ASEAN dalam pertemuan AMM Retreat 2022. Pertemuan ini sebenarnya dijadwalkan pada Januari. Namun, karena beberapa pertimbangan dan situasi, maka pertemuan diundur menjadi Februari 2022.

Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi menyampaikan ada 5 poin utama di pertemuan Retreat ini, yaitu:

  1. Tindak lanjut KTT 38 dan 39 ASEAN;
  2. Isu terkait hubungan dengan negara lain atau external relations;
  3. Prioritas Keketuaan Kamboja;
  4. Isu kawasan dan internasional;
  5. Other matters/isu lainnya.

"Sekjen ASEAN seperti biasa menyampaikan briefing. Dan beberapa hal yang disampaikan dalam briefing Sekjen ASEAN antara lain, pertama, mendorong semua negara ASEAN untuk mengimplementasikan semua kesepakatan terkait penanganan pandemi dan pemulihan ekonomi agar kawasan Asia Tenggara dapat segera pulih," ujar Retno Marsudi saat melakukan konferensi pers secara virtual dari Kamboja, Kamis (17/2/2022).

Beberapa inistiatif disebutkan oleh Retno Marsudi termasuk:

  • Covid-19 ASEAN Response Fund yang saat ini sudah mencapai US$ 30 juta dari 22 negara. Penyaluran vaksin untuk negara ASEAN diperkirakan dapat disampaikan paling lambat kuartal ke-2 tahun 2022.
  • Operasionalisasi ASEAN Travel Corridor Arrangement Framework untuk memfasilitasi pergerakan dan aktivitas yang aman.
  • Kesepakatan Regional Comprehensive Economic Partnership (RCEP) yang mulai berlaku pada 1 Januari 2022 juga diharapkan dapat membantu pemulihan ekonomi di kawasan.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Desa Palu di Indonesia Jadi Percontohan di Level ASEAN

"Kedua, Sekjen menyampaikan penjelasan berbagai inisiatif negara anggota ASEAN dalam menanggapi keadaan darurat kemanusiaan sebagai akibat bencana alam di kawasan. Sekjen mengusulkan ASEAN dapat mereplikasi model Desa Palu di Indonesia pada tahap pemulihan untuk masyarakat lokal pascabencana," ujar Menlu Retno Marsudi.

"Ketiga, terkait dengan bantuan kemanusiaan di Myanmar, total nilai pasokan peralatan medis penanganan Covid-19 di Myanmar yang telah disalurkan adalah lebih dari USD 7,6 juta dan dilakukan dalam tiga tahap kepada 17 negara bagian dan wilayah di Myanmar."

Selain itu, Retno Marsudi juga menyebut ada pembahasan mengenai Rakhine, di mana Sekjen ASEAN melaporkan bahwa proyek untuk meningkatkan kesiapan kapasitas lokal Myanmar untuk mendukung proses repatriasi telah selesai.

"Beberapa proyek lainnya masih berjalan dan ada beberapa proyek lainnya masih dibahas," jelas Retno Marsudi.

3 dari 3 halaman

INFOGRAFIS: Perbandingan Tingkat Kematian COVID-19 di ASEAN

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.