Sukses

AS dan NATO Sebut Rusia Masih Perkuat Pasukan di Dekat Ukraina

Laporan AS dan NATO menyatakan bahwa Rusia masih memperkuat pasukannya di dekat Ukraina.

Liputan6.com, Kyiv - Amerika Serikat dan NATO mengatakan Rusia masih membangun pasukan di sekitar Ukraina pada Rabu (16 Februari) meskipun Moskow bersikeras untuk mundur.

Hal ini pun mempertanyakan keinginan Presiden Vladimir Putin untuk merundingkan solusi krisis.

Di Ukraina, di mana orang-orang mengibarkan bendera dan memainkan lagu kebangsaan untuk menunjukkan persatuan melawan ketakutan akan invasi, pemerintah mengatakan serangan siber yang menghantam kementerian pertahanan adalah yang terburuk yang pernah terjadi di negara itu. Hal itu merujuk ke Rusia, yang terus membantah keterlibatannya. Demikian seperti dilansir dari laman Channel News Asia, Kamis (17/2/2022). 

Sekretaris pers Gedung Putih Jen Psaki mengatakan para pejabat AS belum dapat mengatakan siapa yang bertanggung jawab atas serangan siber tersebut.

Dia juga mengatakan pintu tetap terbuka untuk diplomasi dengan Rusia tetapi menegaskan kembali kekhawatiran bahwa serangan Rusia dapat didahului oleh operasi 'bendera palsu' dan informasi yang salah.

Kementerian pertahanan Rusia mengatakan pasukannya - bagian dari penumpukan besar yang disertai dengan tuntutan ke Barat untuk menyapu jaminan keamanan - ditarik kembali setelah latihan di distrik militer selatan dan barat dekat Ukraina.

Hal ini terbukti dari video yang katanya menunjukkan tank, kendaraan tempur infanteri, dan unit artileri self-propelled meninggalkan semenanjung Krimea, yang direbut Moskow dari Ukraina pada 2014.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Solusi Krisis

Namun Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken mengatakan unit kunci Rusia bergerak menuju perbatasan, bukan menjauh.

“Ada apa yang dikatakan Rusia. Dan kemudian ada apa yang dilakukan Rusia. Dan kami belum melihat mundurnya pasukannya,” kata Blinken dalam sebuah wawancara di MSNBC. 

"Kami terus melihat unit-unit penting bergerak menuju perbatasan, bukan menjauh dari perbatasan."

Seorang pejabat senior intelijen Barat mengatakan risiko agresi Rusia terhadap Ukraina akan tetap tinggi selama sisa bulan Februari dan Rusia masih dapat menyerang Ukraina "dengan peringatan yang pada dasarnya tidak ada, atau hampir tidak ada sama sekali".

3 dari 4 halaman

Tak Ada Tanda Deeskalasi

Sekretaris Jenderal NATO Jens Stoltenberg mengatakan pasukan dan tank yang bergerak bolak-balik tidak menjadi bukti penarikan.

"Apa yang kami lihat adalah bahwa mereka telah meningkatkan jumlah pasukan dan lebih banyak pasukan sedang dalam perjalanan. Jadi, sejauh ini, tidak ada de-eskalasi," katanya sebelum pertemuan aliansi di Brussel.

Stoltenberg kemudian mengatakan NATO bisa membuktikan kegagalan Rusia untuk menarik kembali pasukannya dengan citra satelit.

Menteri Pertahanan Ukraina Oleksii Reznikov mengatakan kepada Reuters dalam sebuah wawancara bahwa laporan intelijen terbaru negaranya juga tidak menunjukkan tanda-tanda mundurnya Rusia. Dia mengatakan kekuatan gabungan militer Rusia dan pasukan separatis pro-Rusia di dekat perbatasan Ukraina mencapai sekitar 140.000.

4 dari 4 halaman

Infografis 6 Cara Efektif Hadapi Potensi Penularan Covid-19 Varian Omicron:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini