Sukses

Kim Jong-un Hadiri Pertemuan Perayaan Hari Ayah di Korea Utara Bawa Bunga

Korea Utara telah mengadakan berbagai acara untuk menandai sejumlah peringatan minggu ini, dengan perhatian besar dari dunia luar apakah akan menggelar parade militer skala besar.

Liputan6.com, Pyongyang - Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un menghadiri pertemuan nasional untuk merayakan ulang tahun ke-80 mendiang ayahnya Kim Jong-il, menurut media pemerintah Pyongyang, Rabu (16/2).

Kim hadir di acara tersebut untuk memberi penghormatan kepada mantan pemimpin Korea Utara, yang diadakan di kota barat laut Samjiyon pada hari sebelumnya, kata Kantor Berita Pusat Korea (KCNA) resmi Korea Utara.

"Sebuah keranjang bunga atas nama Kim Jong-un diletakkan di depan patung Ketua (Kim Jong-il)."

Kim didampingi oleh pejabat senior partai, termasuk saudara perempuannya, Kim Yo-jong, di acara tersebut.

KCNA tidak menyebutkan jika Kim menyampaikan pesan selama pertemuan tersebut.

Korea Utara telah mengadakan berbagai acara untuk menandai sejumlah peringatan minggu ini, dengan perhatian besar dari dunia luar apakah akan menggelar parade militer skala besar.

Militer Korea Selatan sebelumnya mengatakan bahwa pihaknya mendeteksi tanda-tanda kemungkinan parade militer. Namun, itu bisa diadakan pada atau dalam waktu dekat 15 April 2022, yang menandai peringatan 110 tahun mendiang kakek Kim, Kim Il-sung.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kota Samjiyon

Korea Utara mengatakan, Kim Jong-il lahir pada 16 Februari 1942, di daerah Samjiyon yang terletak di kaki Gunung Paekdu.

Dia memerintah negara itu selama hampir dua dekade dan meninggal pada 2011.

Mengembangkan kota Samjiyon telah menjadi salah satu tujuan utama Kim Jong-un sejak memimpin Korea Utara tepat setelah kematian ayahnya.

Pekan lalu, Kim berkata, "Pekerjaan merapikan Kota Samjiyon diakhiri dengan kemenangan sebagai hadiah kesetiaan pada peringatan 80 tahun kelahiran Ketua Kim Jong-il."

Korea Utara meningkatkan status Samjiyon dari sebuah kabupaten menjadi kota pada tahun 2019 dan telah menyerukan untuk mengubah daerah itu menjadi wilayah "terkaya" di negara itu.

3 dari 3 halaman

Infografis Nuklir Korut

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.