Sukses

Kapal Nelayan Spanyol Tenggelam di Kanada, 10 Orang Dilaporkan Tewas

10 orang dilaporkan tewas setelah kapal penangkap Ikan Spanyol tenggelam di lepas pantai Newfoundland, Kanada, Selasa, kata pihak berwenang.

Liputan6.com, Newfoundland - Banyak yang hilang dari kapal nelayan pembawa 24 orang yang tenggelam sekitar 280 mil di lepas pantai Newfoundland, Kanada, Selasa 15 Februari 2022, kata pejabat Spanyol.

Sebuah kapal nelayan Spanyol yang membawa 24 orang tenggelam Selasa 15 Februari 2022 pagi waktu setempat, ratusan mil di lepas pantai Newfoundland, Kanada, menyebabkan sedikitnya 10 orang tewas dan lebih dari selusin hilang, menurut pejabat maritim Kanada dan Spanyol.

"Tiga orang diselamatkan oleh perahu nelayan lain yang berada di dekatnya ketika kapal setinggi 164 kaki, yang disebut Villa de Pitanxo, tenggelam," kata layanan penyelamatan maritim Spanyol dalam sebuah pernyataan seperti dikutip dari The New York Times, Rabu (16/2/2022).

"Para penyintas berhasil naik ke rakit penolong, yang juga menahan jasad empat awak kapal. Jenazah tiga anggota kru lainnya kemudian ditemukan di dalam air," kata Letnan Cmdr. Brian Owens, juru bicara Satuan Tugas Gabungan Atlantik dan Pusat Koordinasi Penyelamatan Gabungan di Halifax, Nova Scotia. "Tiga jasad tambahan ditemukan di kemudian hari, menurut pejabat maritim Spanyol."

Kapal itu berpangkalan di Kota Galicia, Marín, di barat laut Spanyol. Wali kota María Ramallo mengatakan kepada wartawan bahwa tenggelamnya kapal itu adalah "tragedi dalam skala yang tidak dapat kita ingat."

Awak pencarian dan penyelamatan menghadapi air yang deras, jarak pandang yang berkurang dan kondisi berangin di laut, kata para pejabat Spanyol.

Kapal tenggelam itu membawa 16 orang Spanyol, lima orang Peru dan tiga orang Ghana, menurut layanan penyelamatan. Kapal itu tenggelam sekitar 280 mil di lepas pantai Newfoundland, kata pejabat Spanyol di Twitter.

"Dua helikopter, sebuah pesawat, dan kapal nelayan Spanyol dan Portugis terlibat dalam pencarian," kata para pejabat.

Pusat penyelamatan Halifax mengatakan menerima sinyal darurat tepat setelah tengah malam pada Selasa dari Villa de Pitanxo. Sinyal menunjukkan bahwa kapal itu berada di sebelah timur St. John's, ibu kota Newfoundland dan Labrador. Sebuah helikopter, pesawat lain dan beberapa kapal dikerahkan.

Komandan Owens mengatakan tim penyelamat tetap berharap bahwa mereka masih bisa menemukan awak kapal dalam keadaan hidup. Mereka mungkin telah berhasil mengenakan pakaian bertahan hidup sebelum kapal tenggelam atau menemukan puing-puing atau sekoci untuk berpegangan, katanya.

"Kami tidak pernah mengesampingkan semangat manusia. Orang-orang menemukan cara untuk bertahan hidup. Perahu nelayan itu sendiri belum ditemukan," kata Owens.

"Perairan Atlantik Utara sangat kuat, terutama di musim dingin," sambung Fred Anstey, kepala School of Maritime Studies di Marine Institute di Memorial University of Newfoundland. Banyak kapal lain, termasuk kapal penangkap ikan, telah hilang selama bertahun-tahun, katanya.

"Perahu nelayan itu sendiri belum ditemukan," katanya lagi.

Tragedi Bencana Terbesar di Laut 1982

Salah satu bencana terbesar di laut terjadi pada tahun 1982, ketika Ocean Ranger, anjungan pengeboran di Grand Banks di lepas pantai Newfoundland, terbalik setelah dihantam gelombang setinggi 65 kaki. Delapan puluh empat orang tewas, kata Anstey.

Angin kencang dan gelombang laut yang ganas yang dijelaskan oleh tim penyelamat pada hari Selasa adalah “cuaca yang sangat umum untuk sepanjang tahun ini,” kata Anstey.

Suhu laut biasanya berada di sekitar titik beku, kata Anstey. Dengan memperhitungkan kondisi angin, katanya, waktu bertahan hidup "sering diukur dalam hitungan menit."

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Menanti Pembaruan Info Korban

Di Spanyol, pejabat dan kerabat awak kapal sangat ingin mengetahui lebih banyak pembaruan tentang upaya penyelamatan.

"Kami tetap tertekan oleh berita buruk dari Kanada tentang tenggelamnya Villa de Pitanxo," kata Alberto Núñez Feijoo, presiden regional Galicia, di Twitter. "Kami menyediakan semua bantuan yang mereka butuhkan kepada pemerintah dan pemilik kapal."

Maica Larriba, seorang pejabat lokal di Galicia, mengatakan pada hari Selasa bahwa kontak dengan kapal itu hilang sekitar pukul 05.00 pagi di Spanyol.

Dalam konferensi pers terpisah, Isabel Rodríguez García selaku Menteri Kebijakan Teritorial dan juru bicara pemerintah Spanyol, mengkonfirmasi penyelamatan tiga anggota awak, tetapi mengatakan dia tidak bisa berkomentar lebih lanjut.

"Kami mengikuti dengan khawatir dan prihatin operasi penyelamatan," kata Isabel Rodríguez García.

Kapal itu dibangun pada tahun 2004, menurut Vesselfinder, sebuah situs web untuk melacak lalu lintas laut.

Pemilik kapal adalah perusahaan perikanan, Grupo Nores, yang mengkhususkan diri dalam memancing ikan cod, anjing ikan dan spesies lain yang ditemukan di Atlantik Utara, menurut laporan media Spanyol.

Penantian Kerabat

Elisabeth Calderon, bibi dari salah satu pelaut, Jonathan Calderon, mengatakan kepada wartawan lokal bahwa kapalnya telah melaut selama lebih dari sebulan. Calderon memiliki seorang istri dan dua anak remaja, kata bibinya.

Istrinya sedang bepergian ketika kapal karam itu terjadi, katanya.

"Bayangkan ketika keluarga mengetahuinya," kata Nyonya Calderon.

Carlos Ordóñez, seorang pelaut yang keponakannya ada di kapal, mengatakan keluarga itu "benar-benar kewalahan. "Kami tidak tahu apakah mereka hidup atau mati," katanya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.