Sukses

Seperti Timnas Indonesia, Myanmar Juga Mundur dari AFF U-23 karena Pemain Kena COVID-19

Seperti Timnas Indonesia, Myanmar juga memutuskan mundur dari AFF U-23 karena COVID-19.

Liputan6.com, Phnom Penh - Seperti Timnas Indonesia, Myanmar juga memutuskan mundur dari AFF U-23 karena COVID-19. Masalah lain yang disorot adalah politik Myanmar yang tak kunjung stabil. 

Berdasarkan laporan situs ASEAN Football, Selasa (15/2/2022), Presiden AFF Mayjen Khiev Sameth berkata tim Myanmar memprioritaskan kesehatan pemainnya. Harusnya Myanmar melawan Malaysia pada hari ini. 

"Dengan penyesalan mendalam tim Myanmar U23 harus mundur dari AFF U-23 Championship," ujar Sameth.

"Kesehatan dan keselamatan semua yang terlibat adalah yang terpenting dan kami memahami keputusan yang kami ambil. Kami berharap anggota-anggota yang terinfeksi segera pulih sepenuhya dan dengan cepat," lanjutnya.

Sejumlah pemain dilaporkan positif COVID-19. Pemain lain dan staf yang menjadi kontak dekat juga telah diisolasi.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Masalah Politik

Di sisi lain, pelatih Myanmar dari Bulgaria, Velizar Popov, ikut menyorot masalah politik di dalam negeri. Akibatnya, banyak pemain yang ogah terlibat AFF. 

"Kami tak bisa membentuk tim terbaik untuk turnamen ini. Beberapa orang menolak dipanggil karena situasi politik, sementara lainnya lebih memilih di rumah karena pandemi," ujarnya seperti dikutip media Malaysia, The Star.

Tim Malaysia sebetulnya juga terdampak COVID-19, yakni pemain tengah Fahmi Daniel Zaaim. Ia dinyatakan positif ketika tiba di Phnom Penh.

Selanjutnya, Malaysia akan bertanding melawan Laos pada Jumat mendatang.

3 dari 4 halaman

Timnas Indonesa Batal Ikut AFF U-23

PSSI memutuskan tidak memberangkatkan Timnas Indonesia U-23 untuk mengikuti Piala AFF. Badai Covid-19 yang menimpa tim besutan Shin Tae-yong itu jadi salah satu penyebabnya.

Skuat Garuda seharusnya mengikuti Piala AFF U-23 di Kamboja mulai 14 sampai 26 Februari 2022. Pada Jumat (11/2/2022) pagi atau tiga hari jelang dimulainya ajang tersebut, PSSI memastikan Timnas Indonesia batal ikutan.

Tujuh pemain Timnas Indonesia U-23 dan satu ofisial terkena Covid-19. Ketujuh pemain itu adalah Ronaldo Joybera R Junior, Muhammad Ferrari, Braif Fatari, Taufik Hidayat, Irfan Jauhari, Ahmad Figo Ramadhani, dan Cahya Supriyadi.

Selain mereka, masih ada empat pemain Timnas Indonesia lainnya lain yang kemungkinan terpapar Covid-19. Alfeandra Dewangga, Genta Alparedo, Muhammad Kanu Helmiawan, dan Marcelino Ferdinan menunggu masa inkubasi karena tidur satu kamar dengan pemain yang sudah positif Covid-19.

4 dari 4 halaman

Infografis 6 Cara Efektif Hadapi Potensi Penularan Covid-19 Varian Omicron

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.