Sukses

PM Justin Trudeau Terpaksa Pakai Cara Darurat Bubarkan Demonstran Anti Vaksin

PM Justin Trudeau mengerahkan kekuatan negara untuk mengatasi demonstran.

Liputan6.com, Ottawa - Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau pada Senin (14 Februari) menggunakan kekuatan darurat yang jarang digunakan untuk mengakhiri protes yang dipimpin pengemudi truk terhadap aturan kesehatan COVID-19.

Hal ini dilakukan setelah polisi menangkap 11 orang dengan "tembolok senjata api" yang memblokir perbatasan menyeberang dengan Amerika Serikat. Demikian seperti dikutip dari laman Channel News Asia, Selasa (15/2/2022). 

Ini menandai kedua kalinya dalam sejarah Kanada, bahwa kekuatan seperti itu telah digunakan di masa damai, dan datang ketika ratusan truk rig besar masih menyumbat jalan-jalan ibu kota Ottawa, serta dua penyeberangan perbatasan.

"Pemerintah federal telah meminta Undang-Undang Darurat untuk melengkapi kapasitas provinsi dan teritorial untuk mengatasi blokade dan pendudukan," kata Trudeau dalam konferensi pers.

Trudeau mengatakan militer tidak akan dikerahkan pada tahap ini, tetapi pihak berwenang akan diberikan lebih banyak kekuatan untuk menangkap pengunjuk rasa dan menyita truk mereka untuk membersihkan blokade, serta melarang pendanaan protes.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Upaya Hentikan Demonstrasi

Dia menambahkan bahwa langkah-langkah itu akan "khusus secara geografis dan hanya ditargetkan ke tempat yang dibutuhkan".

Langkah tersebut juga akan "dibatasi waktu", katanya.

Ketika ancaman kekerasan terus berlanjut, polisi federal mengatakan mereka menangkap 11 pengunjuk rasa dengan senapan, pistol, pelindung tubuh dan amunisi di perbatasan antara Coutts, Alberta dan Sweet Grass, Montana.

"Kelompok itu dikatakan memiliki kesediaan untuk menggunakan kekuatan terhadap polisi jika ada upaya yang dilakukan untuk mengganggu blokade," kata Royal Canadian Mounted Police dalam sebuah pernyataan.

Protes oleh pengemudi truk Kanada dan pendukung mereka - menentang vaksin wajib dan mendorong agenda anti kemapanan yang lebih luas - telah memicu gerakan peniru dari Prancis ke Selandia Baru, dengan pengemudi truk AS mempertimbangkan aksi serupa.

Di bawah tekanan untuk bertindak, Trudeau pada hari Minggu membentuk kelompok tanggapan federal khusus dalam upaya untuk mengakhiri pendudukan Ottawa dan blokade penyeberangan perbatasan yang merusak secara ekonomi di Alberta dan Manitoba.

3 dari 3 halaman

Infografis Syarat Pasien Covid-19 Varian Omicron Isolasi Mandiri di Rumah:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.