Sukses

Damullah Mohibullah Mowaffaq Sniper Taliban jadi Wali Kota di Afghanistan

Damullah Mohibullah Mowaffaq yang memiliki reputasi sebagai salah satu sniper atau penembak jitu top di jajaran Taliban menjadi wali kota di Maymana.

Liputan6.com, Maymana - Damullah Mohibullah Mowaffaq yang memiliki reputasi sebagai salah satu sniper atau penembak jitu top di jajaran Taliban menjadi wali kota di Maymana. Kemunculannya dengan berjalan-jalan di kota itu sebagai wali kota baru tampaknya menginspirasi niat baik dari konstituen yang lelah perang di ibu kota provinsi Afghanistan.

Mengutip Arab News, Selasa (15/2/2022), Mowaffaq diangkat menjadi wali kota Maymana, ibu kota Provinsi Faryab di ujung barat laut Afghanistan pada November 2021. Tiga bulan setelah Taliban menggulingkan pemerintah yang didukung Barat dan merebut kekuasaan.

Sosoknya terkenal sebagai gerilyawan, tetapi sekarang jadwalnya dipenuhi dengan tugas sehari-hari pemerintah daerah - membuka saluran pembuangan, merencanakan jalan, dan meredakan pertengkaran lingkungan. Peralihannya mencerminkan transformasi yang lebih luas yang sedang dialami Taliban, ketika para pemberontak bergulat dengan wilayah administrasi.

"Ketika saya berjuang, tujuan saya sangat spesifik: untuk mengakhiri pendudukan asing, diskriminasi dan ketidakadilan," kata pria berusia 25 tahun itu kepada AFP. "Sekarang tujuan saya juga jelas: memerangi korupsi dan membuat negara makmur."

Saat berjalan melalui jalan-jalan Maymana, wali kota baru itu berbicara dengan pekerja kota yang membersihkan selokan pinggir jalan. Penduduk kota dengan populasi 100.000 pun datang dengan keluhan dan saran, yang dengan patuh ditambahkan ke daftar tugas yang terus bertambah.

"Wali kota baru masih muda, berpendidikan tinggi, dan yang paling penting, berasal dari kota," kata wakilnya yang non-Taliban, Sayed Ahmad Shah Gheyasi. "Dia tahu bagaimana menghadapi orang."

Berbeda dengan pria pedesaan berpendidikan madrasah yang miskin yang menjadi anggota Taliban, Mowaffaq berasal dari keluarga pedagang kaya dan dibesarkan di Maymana, di mana ia unggul di sekolah dan olahraga. Kenang-kenangan dari masa mudanya menghiasi kantor, termasuk sertifikat dari kompetisi seni bela diri serta ijazah sekolah menengahnya.

Setelah bergabung dengan pemberontakan pada usia 19 tahun, ia dipromosikan untuk memimpin sebuah unit kecil yang ditempatkan di Provinsi Faryab. Yang lain menggambarkannya sebagai salah satu penembak jitu paling berbakat Taliban, meskipun ia tampaknya enggan untuk menceritakan kisah perang. Namun saat berjalan-jalan dengan AFP, dia berhenti di depan sebuah rumah yang dipenuhi bekas amunisi di dekat Desa Doraye Khoija Qoshre, tempat unitnya pernah berkuasa.

Di sini dia mengaku biasa bersembunyi, menyerang pasukan Amerika dengan senapannya dan mengasah reputasinya sebagai penembak jitu.

"Dia membunuh seorang Amerika dengan senapannya dari rumah ini, kemudian sebuah pesawat datang dan mengebomnya," kata Saifaddin, seorang petani lokal, yang seperti banyak orang di Afghanistan menggunakan nama samaran.

Meskipun tidak dapat dipastikan bahwa Mowaffaq bertanggung jawab, pada pertengahan 2019 Amerika Serikat mengumumkan seorang anggota pasukan khusus mereka telah tewas dalam pertempuran di Faryab. Setahun sebelumnya, Jaringan Analis Afghanistan mengatakan Maymana "praktis dikepung" karena "kehadiran Taliban yang sangat luas.

Damullah Mohibullah Mowaffaq menyaksikan beberapa rekannya tewas dalam pertempuran tetapi tetap mengelak tentang kengerian yang ditimbulkan dan dideritanya. "Saya mengalami banyak pasang surut," katanya.

Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) dan kelompok-kelompok hak asasi manusia (HAM) menuduh Taliban melakukan pelanggaran HAM berat sejak mereka merebut kekuasaan pada Agustus.

Kematian lebih dari 100 anggota mantan pemerintah atau pasukan keamanan telah disalahkan pada penguasa baru negara itu, sementara aktivis perempuan telah ditahan dan wartawan dipukuli karena meliput protes mereka.

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Sosok Tidak Konvensional

Cita-cita Taliban tentang janggut tebal dan sorban hitam mungkin membingkai wajah Mowaffaq, tetapi dalam banyak hal dia adalah totem yang tidak konvensional dari ideologi keras mereka.

Secara nasional, kaum Islamis telah secara efektif mengusir perempuan dari ruang publik, menutup pendidikan gadis-gadis yang lebih tua dan sebagian besar melarang lawan jenis dari tempat kerja. Namun di kantor Mowaffaq, karyawan wanita diizinkan untuk tetap bekerja, dan taman umum di kota disediakan untuk mereka.

Di bawah rezim Taliban pertama dari tahun 1996 hingga 2001, burqa yang menutupi seluruh tubuh adalah wajib bagi wanita. Kali ini polisi agama berhenti membuat diktat yang sama - meskipun mereka telah mengeluarkan perintah bagi perempuan di ibu kota untuk menutupi wajah mereka.

Di kantor wali kota Maymana, "tidak ada yang memberi tahu kami cara berpakaian," kata Qahera, direktur sumber daya manusia wanita berusia 26 tahun, yang mengenakan jilbab sesuai dengan persyaratan pakaian saat ini.

Pengambilalihan kilat Taliban atas Afghanistan bahkan mengejutkan anggota gerakan itu.Upaya mereka untuk menjalankan negara dilumpuhkan oleh pengalaman belaka, menguras otak, krisis kemanusiaan, dan tekanan dari kekuatan Barat yang telah membekukan aset.

3 dari 3 halaman

Infografis Taliban Rebut Kabul, Afghanistan Genting

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.