Sukses

3 Asteroid Terpantau Bergerak Mendekati Bumi pada Hari Valentine

Berikut ini daftar asteroid yang terpantau akan bergerak mendekati lintasn Bumi.

Liputan6.com, Jakarta - Pelacak asteroid NASA melaporkan bahwa tiga batu ruang angkasa kosmik yakni asteroid menuju ke arah Bumi pada Hari Valentine.

Tiga asteroid yang dimaksud telah ditetapkan sebagai 2022 CF3, 2020 DF, dan 2022 CF1, meskipun pengunjung dari bintang-bintang ini tidak terlalu besar dan diatur untuk lewat pada jarak yang wajar di malam hari, yang berarti mereka tidak menimbulkan bahaya apapun. Demikian seperti dikutip dari laman Jerusalem Post, Senin (14/2/2022).

Hubungan Bumi dengan asteroid berwarna-warni, dengan planet ini memiliki sejumlah dampak asteroid sepanjang sejarahnya. Memang, beberapa telah menyarankan bahwa mereka bahkan mungkin menjadi sumber air di planet ini.

Lebih jauh, banyak yang terus melihat potensi asteroid dalam membantu planet Bumi, khususnya dalam penambangan asteroid. Batuan luar angkasa ini dapat menampung banyak mineral berharga yang dapat menjadi pilihan penambangan yang lebih ramah lingkungan daripada di Bumi.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Ukuran Asteroid

Menurut penelitian dari Davidson Institute of Science, bagian dari pendidikan Weizmann Institute of Science Israel, sebuah asteroid dengan lebar lebih dari 140 meter akan melepaskan sejumlah energi setidaknya seribu kali lebih besar daripada energi yang dilepaskan oleh bom atom pertama jika terkena Bumi. 

Sesuatu yang lebih besar – lebih dari 300 meter lebarnya seperti asteroid Apophis – dapat menghancurkan seluruh benua. 

Sebuah asteroid dengan lebar lebih dari satu kilometer dapat memicu bencana alam di seluruh dunia.

Namun, ketiga asteroid yang akan menuju Bumi di Hari Valentine tidak sebesar itu.

Yang pertama tiba, 2022 CF3, diperkirakan oleh NASA paling besar lebarnya 47 meter. Sebagai perbandingan, itu kira-kira seukuran Arc de Triomphe, sebuah monumen di Paris, ibu kota romansa.

Sementara itu, yang lain ukurannya lebih kecil. Selanjutnya, tidak satupun dari mereka yang akan mendekati, dengan yang terdekat adalah 2022 CF3, yang akan melewati Bumi sekitar 2,45 juta kilometer. Sebagai perbandingan, Bulan menjaga jarak dari Bumi sekitar 384.000 kilometer.

3 dari 3 halaman

Infografis 8 Fakta COVID-19 Varian Omicron:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.