Sukses

5 Perayaan Unik Hari Valentine di Dunia, Pernikahan Bawah Laut hingga Kontes Ciuman

Perayaan hari Valentine bisa menjadi unik di berbagai negara.

Liputan6.com, Jakarta - Setiap tahun pada 14 Februari, banyak orang dari seluruh dunia merayakan Hari Valentine sebagai hari kasih sayang. Berasal dari perayaan Saint Valentine di gereja Kristen, perayaan tersebut adalah waktu untuk merayakan romansa dan cinta.

Secara tradisional, beberapa pasangan biasanya akan membeli bunga mawar, cokelat, kartu ucapan atau bahkan menikmati makan malam romantis dengan menyalakan lilin.

Namun, sejumlah orang lainnya memilih untuk mengungkapkan rasa cinta mereka dengan cara yang jauh lebih aneh saat merayakan Valentine, mulai dari pernikahan bawah laut hingga kontes ciuman besar-besaran.

Dikutip dari Euro News, Senin (14/2/2022), berikut adalah beberapa cara yang tidak biasa orang memperingati Hari Valentine di seluruh dunia:

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

1. Kontes Ciuman di Serbia

Di Serbia, kontes ciuman terlama diadakan setiap tahun untuk menandai Hari Valentine.

Pada tahun 2020, 13 pasangan berciuman dalam kompetisi 'Kiss Me', yang berlangsung di Jembatan Cinta di Vrnjacka Banja, sebuah kota kecil di selatan Serbia.

Kompetisi 'Kiss Me' adalah bagian dari festival di seluruh kota yang merayakan semua hal tentang romansa, musik, dan makanan.

Meskipun media sosial telah menyoroti jembatan kunci yang terkenal di Paris dan Amsterdam, penduduk setempat mengklaim bahwa Jembatan Cinta mereka adalah jembatan kunci cinta tertua di dunia, sejak Perang Dunia Pertama.

Pemenang kompetisi ciuman 2020, Irena dan Djordje Boric mencatat rekor baru 112 menit. Tampaknya tidak mengejutkan bagi pesaing mereka karena pasangan ini telah memenangkan kompetisi lima kali berturut-turut.

3 dari 7 halaman

2. Pernikahan Bawah Laut di Thailand

Sejak awal tahun 1996, provinsi Trang, di Thailand, mendapat pengakuan dunia atas acara 'Pernikahan Bawah Air' yang terkenal, yang bertepatan dengan hari paling romantis dalam setahun.

Pada tahun 2000, Trang Underwater Wedding mendapatkan pengakuan resmi dari Guinness Book of Records sebagai pernikahan bawah air terbesar di dunia.

Hanya penyelam yang memenuhi syarat yang diizinkan untuk mengambil bagian dalam upacara pernikahan bawah air dan beberapa penyelam akan mengenakan gaun atau setelan pernikahan mereka selain perlengkapan selam mereka.

Setelah upacara selesai, petugas akan menyerahkan akta nikah tahan air kepada pasangan bahagia itu.

4 dari 7 halaman

3. Perayaan Valentine dengan Tank di Rusia

Seorang tentara Rusia melakukan segala cara pada tahun 2020 untuk melamar pacarnya dengan aksi beroktan tinggi di Hari Valentine.

Bersama rekan-rekan perwiranya, 16 tank T-72B3 berguling ke posisi membentuk bentuk hati.

Letnan Denis Kazantsev mengajak pacarnya yang tidak curiga ke tengah tank, di mana dia kemudian melamar dan menyerahkan bunga merah padanya.

Tunangannya, Alexandra Kopytova pun menjawab lamarannya dengan "Ya".

5 dari 7 halaman

4. Surat Cinta Misteri di Denmark

Salah satu cara terbesar untuk merayakan Hari Kasih Sayang di Denmark adalah pertukaran kartu kekasih rahasia, atau dikenal sebagai 'gaekkebrev', yang diterjemahkan menjadi 'surat lelucon'.

Kartu-kartu ini sering berisi puisi cinta yang lucu dan ditulis di selembar kertas yang dipotong khusus.

Setiap potongan kartu dibuat menggunakan metode yang mungkin pernah Anda lakukan di sekolah untuk membuat kepingan salju.

Untuk surat tersebut, penulis puisi tidak menandatangani 'gaekkebrev' menggunakan nama mereka, melainkan menggunakan titik, satu untuk setiap huruf di dalamnya.

Menurut tradisi, jika penerima kartu menebak dengan benar siapa yang mengirim surat lelucon, mereka mendapatkan telur Paskah pada hari Minggu Paskah.

Jika penerima gagal menebak siapa yang mengirimnya, mereka berutang telur kepada pengirim.

6 dari 7 halaman

5. Valentine di Kebun Binatang

Hari Kasih Sayang bukan hanya waktu khusus bagi manusia, tetapi juga untuk hewan kebun binatang di seluruh dunia.

Pada tanggal 14 Februari, banyak kebun binatang di seluruh dunia memanjakan hewan mereka dengan makanan ringan bertema romantis – seperti Kebun Binatang London, yang tahun lalu memberi makan monyet tupai lucu mereka dengan kantong berbentuk hati yang berisi ulat.

Demikian pula, hewan di Kebun Binatang Brookfield – di pinggiran kota Chicago, Illinois – disuguhi makanan ringan berbentuk hati khusus menjelang Hari Valentine.

Namun, satu Kebun Binatang Kanada mulai memperbaiki hati yang patah pada Hari Kasih Sayang, dengan mengizinkan orang memberi nama serangga dengan nama mantan mereka sebelum mereka diberi makan kepada hewan pemakan serangga di kebun binatang.

Penggalangan dana, yang disebut Bugs or Bouquets, juga menawarkan karangan bunga sayuran dan sayuran hijau untuk disumbangkan ke hewan lain, seperti kuda nil, dengan kontribusi minimal $50 (Rp 700 ribu).

7 dari 7 halaman

Infografis Pakai Masker Boleh Gaya, Biar Covid-19 Mati Gaya:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.