Sukses

Tanpa Label Valentine, Pakaian Dalam Merah Kini Dipajang di Pertokoan Arab Saudi

Sementara lonjakan penjualan dan hadiah Valentine menjadi lebih umum di kalangan penduduk muda Arab Saudi, kata "Valentine" tidak terlihat di mana pun.

Liputan6.com, Riyadh - Ada yang berbeda dengan penampakan toko-toko di Arab Saudi saat Valentine. Banyak pakaian dan pakaian dalam merah kini terlihat dipajang di etalase toko.

Kendati demikian promosi Hari Valentine yang semakin populer kehilangan satu hal: nama festival perayaannya. Sementara, lonjakan penjualan dan hadiah Valentine menjadi lebih umum di kalangan penduduk muda Saudi, kata "Valentine" justru tidak terlihat di mana pun.

"Manajemen telah meminta kami untuk menghias pajangan jendela dengan pakaian dalam berwarna merah … tetapi tanpa menyebutkan di mana pun Hari Valentine," kata seorang penjual di mal Riyadh, yang tidak mau disebutkan namanya karena dia tidak berwenang untuk berbicara kepada media seperti dikutip dari AFP, Senin (14/2/2022). 

Pajangan tersebut mewakili perubahan di Arab Saudi, di mana polisi agama pernah menindak penjualan perlengkapan Hari Valentine dan bahkan pada orang-orang yang mengenakan pakaian merah selama festival 14 Februari atau Perayaan Hari Valentine.

Hari Valentine memiliki asal-usul yang tidak jelas sejak zaman Romawi, ketika beberapa martir Kristen bernama Valentine. Perayaan untuk kekasih, yang ditandai secara luas di seluruh dunia, sangat dilarang di kerajaan ultrakonservatif yang hanya akan menandai hari libur Muslim dan hari nasionalnya di bulan September.

Tetapi Arab Saudi telah mengalami perubahan sosial karena berusaha menghadirkan citra yang lebih menarik dan mendiversifikasi ekonominya yang bergantung pada minyak. Hal ini telah mengekang polisi agama yang ditakuti dan memberi wanita lebih banyak kebebasan. Di antaranya, mereka sekarang memiliki hak untuk mengemudi, dan dapat menambahkan warna pada pakaian mereka di luar jubah abaya hitam polos tradisional.

Perubahan ini, bagaimanapun, telah datang bersamaan dengan tindakan keras terhadap perbedaan pendapat yang telah membuat ulama dan aktivis hak-hak perempuan ditahan.

"Kami sekarang dapat menampilkan pakaian merah dengan nyaman dan bahkan menempatkannya di etalase," kata seorang pramuniaga di Grenada Mall di timur Riyadh, yang juga berbicara secara anonim. "Ada banyak pelanggan yang meminta lingerie merah saat Hari Valentine," tambahnya. "Kami memiliki diskon selama waktu ini, tetapi kami tidak menyebutnya sebagai penawaran Hari Valentine." 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tak Semua Nyaman

Ternyata tidak semua orang merasa nyaman dengan pakaian dalam yang dipamerkan, menganggapnya sebagai pemandangan yang menggelegar setelah beberapa dekade ketika barang-barang seperti itu disimpan secara ketat di balik pintu tertutup.

"Saya tidak ingin melihat hal-hal ini," kata seorang wanita, bercadar serba hitam kecuali matanya. Dia tidak mau menyebutkan namanya. "Mereka mengganggu saya, tetapi ada orang yang menyukainya dan ini adalah kebebasan memilih mereka."

Namun, zaman berubah, dan banyak di Arab Saudi – di mana lebih dari separuh penduduknya berusia di bawah 35 tahun – merayakan Hari Valentine, baik mereka menyebutnya demikian atau tidak.

"Orang-orang tidak merayakan Hari Valentine, tapi sekarang banyak orang Saudi melakukannya," kata Khuloud, 36, seorang pramuniaga Saudi yang tidak mau menyebutkan nama belakangnya. "Ada permintaan besar untuk pakaian selama periode ini, dan pelanggan sering meminta warna merah dan keuntungannya juga besar." Para pramuniaga mengatakan pakaian dalam berwarna merah paling laris selama periode Hari Valentine.

Toko-toko juga menawarkan diskon untuk parfum dan make-up, sementara toko suvenir memasang hati merah di jendela mereka, juga tanpa menyebutkan Valentine.

Seorang pembelanja, Reem al-Qahtani, 22, mengatakan masyarakat Saudi "secara bertahap" mulai menerima Hari Valentine, bahkan jika itu tetap tanpa nama untuk saat ini. "Saat ini, kami merayakannya dengan tenang di kafe dan restoran, tetapi kami berharap ini akan mendapatkan daya tarik di tahun-tahun mendatang," katanya.

3 dari 3 halaman

Infografis Gejala COVID-19 Omicron dan Cara Penanganan

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.