Sukses

Viral Resep Kari Ayam Picu Netizen Singapura Serang Instagram New York Times

Kasus Resep Kari Ayam Singapura dari The New York Times, yang diunggah ke situs resepnya, NYT Cooking, dan kemudian di Instagram tengah viral. Ada yang menyebutnya seperti air got.

Liputan6.com, Singapura - Jika ada satu hal yang menyatukan orang Singapura, itu adalah makanan. Terlebih lagi karena hidangan Singapura yang sangat disukai jadi tak sesuai.

Contoh kasus yang tengah viral: Resep Kari Ayam Singapura dari The New York Times, yang diunggah ke situs resepnya, NYT Cooking, dan kemudian di Instagram pada 1 Februari sebagai hidangan Tahun Baru Imlek.

Tidak seperti kari ayam yang kaya dan aromatik yang biasa dilihat di Singapura, hidangan versi jurnalis yang berbasis di Taipei, Clarissa Wee, tampak pucat, berair, dan tidak menggugah selera.

Tak perlu dikatakan, warga Singapura — baik netizen maupun organisasi — sangat vokal tentang kemarahan mereka, menggunakan Internet untuk menghujat resep tersebut, dengan beberapa bahkan menyebutnya “air longkang”.

Longkang adalah parit atau got di belakang rumah untuk mengalirkan air kotor.

"Sekarang, di mana Uncle Roger saat Anda membutuhkannya?," komentar salah satu netizen seperti dikutip dari sethlui.com yang dimuat Yahoo dan dikutip Sabtu (12/2/2022).

Sebagian besar organisasi bahkan mengambil kesempatan untuk mengomentari resep "kari Singapura" The New York Times.

Akun Housing & Development Board menyarankan warga untuk tidak membuangnya ke saluran pembuangan meskipun mungkin terlihat seperti "air longkang". Sementara akun Singapore Civil Defence Force menimpali dan menyamakan hidangan itu dengan "bencana kuliner", mirip dengan "akibat dari masakan yang tidak dijaga".

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Jadi Lelucon

Sejumlah perusahaan F&B juga ikut campur, seperti Unilever Food Solutions Singapore dan airasia Super App. Keduanya mempromosikan produk kari ayam mereka sendiri, mengatakan bahwa kari ayam versi New York Times tidak akan terasa dan terlihat seperti air pembuangan.

Dengan cara yang sama, beberapa organisasi lain seperti Nippon Paint Singapore dan Bluestone Corporation membuat lelucon tentang resep viral tersebut.

Nippon Paint Singapore memamerkan "warna 'kari' pilihan mereka", sementara Bluestone Corporation (yang menjual peralatan dan sistem medis) menggunakan ultrasound mereka pada ayam asli.

Yang ikut-ikutan adalah NPC Woodlands West, yang menyebut resep itu penipuan karena tidak menggunakan bubuk kari dan daun.

"Tidak perlu ahli untuk menemukan tanda-tanda untuk menghentikan kejahatan," tulis mereka seraya memperingatkan warga untuk tidak menjadi korban penipuan.

3 dari 3 halaman

Infografis 5 Komitmen Bersama Tangani Pandemi COVID-19

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.