Sukses

Cek Syarat Masuk Australia Barat Mulai Februari 2022

Australia Barat mulai membuka diri untuk pengunjung asing per Februari 2022.

Perth - Wilayah Australia Barat mulai membuka diri untuk turis asing. Ini tentu menjadi kesempatan bagi WNI yang ingin berkunjung ke kota Perth dan sekitarnya. 

Menurut ABC Australia, Kamis (10/2/2022), pemerintah Australia juga akan membuka kemungkinan bagi warganya untuk berkumpul kembali dengan keluarga dan kerabat yang sebelumnya tidak bisa mendapatkan visa akibat pembatasan pandemi.

Namun, aturan ketat terkait COVID-19 masih akan tetap berlaku.

Berikut penjelasannya: 

Kapan turis bisa datang ke Australia?

Semua pemegang visa yang divaksinasi lengkap, termasuk visa turis, akan diizinkan masuk ke Australia tanpa pengecualian mulai 21 Februari.

Jumlah kedatangan internasional akan dibatasi dan bergantung pada persyaratan karantina masing-masing negara bagian atau teritori.

Warga negara Australia, penduduk tetap, anggota keluarga mereka dan beberapa pemegang visa yang divaksinasi sudah diizinkan masuk ke Australia.

Apakah Australia Barat terbuka untuk turis?

Australia Barat (WA) terbuka untuk pelancong yang datang dari luar negeri. Namun, mulai 9 Februari, batas kedatangan internasional di WA akan dibatasi hingga 530 orang per minggu.

Kedatangan internasional ke WA harus melengkapi deklarasi G2G Pass, serta menjalani karantina dan tes COVID-19.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Tak Wajib Booster

Apakah turis perlu vaksin COVID-19 untuk masuk ke Australia?

Semua kedatangan internasional ke Australia — termasuk turis — harus divaksinasi lengkap kecuali kalau mereka memeiliki bukti pengecualian medis.

Pemerintah federal mendefinisikan vaksinasi lengkap sebagai dua dosis, untuk sebagian besar merek vaksin. Pemerintah tidak mewajibkan kedatangan internasional untuk mendapat suntikan booster.

Namun, pemerintah Victoria telah mengisyaratkan kedatangan internasional mungkin perlu mendapatkan dua dosis dan booster.

Negara bagian dan teritori lain mungkin mengikuti Victoria jika badan penasihat vaksin pemerintah ATAGI mengubah definisi "vaksinasi penuh" menjadi tiga dosis.

Saat mengumumkan pembukaan kembali perbatasan, Perdana Menteri Scott Morrison mengatakan orang tidak perlu tiga dosis vaksin COVID-19 untuk dianggap divaksinasi sepenuhnya.

"Ini akan menjadi dua [dosis]. Ada berbagai argumen di seluruh dunia untuk tiga dosis. Menurut Chief Medical Officer, dua dosis sudah cukup," kata PM Morrison.

Bisakah orang yang tidak divaksinasi masuk ke Australia?

Untuk melakukan perjalanan ke Australia, pelancong yang tidak divaksinasi harus memberikan bukti bahwa mereka tidak bisa divaksinasi karena alasan medis.

Mereka juga harus mengajukan permohonan pengecualian perjalanan untuk datang ke Australia.

Jika mereka diberikan izin untuk masuk, mereka harus menjalani karantina hotel wajib pada saat kedatangan.

3 dari 5 halaman

Vaksin yang Diakui

Pelancong internasional ke Australia dianggap divaksinasi 'secara lengkap' jika mereka telah menerima vaksin COVID-19 yang diakui oleh Therapeutic Goods Administration (TGA).

Hal itu termasuk menerima dua dosis (dosis campuran diterima) dari:

  1. AstraZeneca Vaxzevria
  2. AstraZeneca Covishield
  3. Pfizer/Biontech Comirnaty
  4. Moderna Spikevax atau Takeda
  5. Sinovac Coronavac
  6. Bharat Biotech Covaxin
  7. Sinopharm BBIBP-CorV (untuk orang berusia di bawah 60 tahun pada saat kedatangan di Australia)
  8. Gamaleya Research Institute Sputnik V
  9. Novavax/Biocelect Nuvaxovid
  10. Atau satu dosis: Johnson & Johnson/Janssen-Cilag

Dosis akhir yang diperlukan untuk divaksinasi lengkap harus telah diterima setidaknya tujuh hari sebelum masuk ke Australia.

Wisatawan harus menunjukkan International COVID-19 Vaccination Certificate (ICVC) atau sertifikat vaksinasi asing kepada staf penerbangan.

4 dari 5 halaman

Anak-Anak?

Anak-anak di bawah 12 tahun tidak perlu divaksinasi untuk masuk ke Australia.

Namun, jika anak tersebut berjalan-jalan dengan anggota keluarga dewasa yang tidak divaksinasi, seluruh kelompok keluarga akan dikenakan batas kedatangan dan harus menjalani karantina hotel wajib.

Beberapa negara bagian dan teritori mengizinkan anak-anak berusia 12 hingga 17 tahun yang tidak divaksinasi atau divaksinasi sebagian untuk bepergian dengan orang dewasa yang divaksinasi lengkap.

Apakah turis perlu menunjukkan tes COVID-19 negatif?

Saat check-in untuk penerbangan mereka ke Australia, pelancong internasional harus menunjukkan:

Tes PCR negatif diambil dalam waktu tiga hari sebelum keberangkatanTes Amplifikasi Asam Nukleat negatif diambil dalam waktu tiga hari sebelum keberangkatan

Sertifikat medis sebagai bukti RAT negatif yang diambil di bawah pengawasan medis dalam waktu 24 jam sebelum keberangkatan 

Apakah kapal pesiar diperbolehkan?

Saat ini ada larangan pada kapal pesiar internasional masuk ke Australia. Larangan itu mulai berlaku pada Maret 2020 di awal pandemi COVID-19.

Aturan telah diperpanjang hingga pertengahan Februari 2022 karena varian Omicron yang menyebar cepat.

Industri kapal pesiar menyatakan mereka belum bisa kembali ke perairan Australia sampai April atau Mei tahun ini.

5 dari 5 halaman

Infografis COVID-19:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.