Sukses

Kasus Harian Omicron Tembus 50 Ribu, Korsel Hanya Akan Rawat Pasien COVID-19 Lansia

Pemerintah Korea Selatan ingin memaksimalkan tenaga kesehatan untuk penyakit serius.

Liputan6.com, Seoul - Korea Selatan meluncurkan skema perawatan mandiri untuk pasien dengan gejala COVID-19 ringan. Skema itu diluncurkan guna mengalokasikan sumber daya medis untuk kasus yang lebih serius, ketika infeksi baru mencapai titik tertinggi baru pada Kamis (10/2/2022) yang melebihi 50 ribu kasus karena varian Omicron.

Korea Selatan sebagian besar telah menjadi kisah sukses mitigasi virus corona baru, berkat pengujian dan penelusuran yang agresif, jarak sosial, dan pemakaian masker, seperti dikutip dari laman Channel News Asia, Kamis (10/2/2022). 

Tetapi ketika varian Omicron yang sangat menular tetapi kurang mematikan mulai menyebar, pemerintah Korea Selatan pada Februari 2022 mulai mengalihkan strateginya dari pengujian dan penelusuran ke pemantauan mandiri, diagnosis, dan perawatan di rumah.

Mulai Kamis, pihak berwenang hanya akan memberikan perawatan kepada pasien COVID-19 berusia 60 dan lebih tua atau dengan kondisi yang mendasarinya, sementara yang lain memantau diri mereka sendiri dan mencari bantuan medis dari klinik yang ditunjuk jika kondisinya memburuk.

Perlengkapan medis termasuk alat pengukur saturasi oksigen, termometer, dan obat demam - yang sebelumnya tersedia untuk semua pasien yang merawat diri sendiri di rumah - sekarang akan didistribusikan hanya kepada kelompok prioritas.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Skema Pelacakan COVID-19

Para pejabat memperkirakan sekitar 13,5 persen kasus baru akan diklasifikasikan sebagai kelompok berisiko tinggi. Pemerintah telah menghapus pelacakan kontak dan laporan isolasi diri wajib berdasarkan teknologi sistem penentuan posisi global.

"Skema sebelumnya tidak lagi realistis mengingat sumber daya kami yang terbatas, dan membutuhkan biaya sosial dan ekonomi yang besar dibandingkan dengan kebutuhan medis kami," kata juru bicara kementerian kesehatan Son Young-rae.

"Tujuan dari sistem respons Omicron baru kami adalah untuk meminimalkan kasus serius dan kematian dengan berfokus pada mendiagnosis dan merawat kelompok berisiko tinggi, dan untuk mencegah kejenuhan dan keruntuhan kapasitas medis kami."

Jumlah kasus baru harian Korea Selatan mencapai rekor harian lain 54.122 pada Rabu 9 Februari, menjadikan total infeksinya menjadi 1.185.361 di antara 52 juta orangnya, kata Badan Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Korea (KDCA).

3 dari 3 halaman

Infografis Sudah Vaksinasi Covid-19, Yuk Tetap Taat Protokol Kesehatan:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.