Sukses

Duta Besar Ukraina untuk RI Vasyl Hamianin Ucapkan Selamat Hari Pers Nasional

Dubes Hamianin mengucapkan selamat Hari Pers Nasional kepada jurnalis Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta - Duta Besar Ukraina untuk RI Vasyl Hamianin mengucapkan selamat hari Pers Nasional 2022 bagi jurnalis Indonesia.

"Bagi saya pribadi, jurnalis sejati adalah orang-orang yang merupakan perwujudan keberanian dan kehormatan, pengawal kebenaran serta ketidakberpihakan, dan yang selalu berada di garis depan peristiwa apapun," ujar Dubes Vasyl Hamianin.

"Semua hal tersebut sangat penting di era teknologi informasi yang serba cepat saat ini," katanya dalam rilis yang diterima Liputan6.com, Rabu (9/2/2022).

Dubes Hamianin juga menyatakan dengan tulus hati mengucapkan selamat kepada jurnalis dan berharap agar terus mendapatkan inspirasi juga kesuksesan dalam kegiatan-kegiatan profesional dan dihormati oleh pembaca, menerapkan nilai-nilai luhur demi perdamaian global, stabilitas, perkembangan serta kemakmuran, dan yang paling penting, lebih banyak berita-berita positif.

"Kami juga memperingati seorang tokoh yang terhormat yaitu Adam Malik, pahlawan nasional Indonesia dan Wakil Presiden ketiga, salah satu pelopor jurnalisme Indonesia, seorangdiplomat yang memainkan peran penting dalam memperjuangkan proklamasi kemerdekaan Indonesia serta dalam Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara," kata Dubes Ukraina.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Perjuangan Pers Ukraina

Dubes Hamianin juga menyampaikan bahwa teladan hidup dan perjuangan Adam Malik mengungkapkan kebenaran yang relevan bagi Ukraina saat ini, terutama untuk meraih kemerdekaan.

Ia mengatakan, selama delapan tahun para jurnalis di wilayah Donbas dan Krimea, Ukraina telah membuktikan bahwa mereka adalah pejuang-pejuang sejati tanpa rasa takut ataupun ragu.

Banyak dari mereka dipenjara di Rusia hanya karena mereka tak gentar mengatakan yang sebenarnya, dan karena mereka terus terang mengungkapkan kepada dunia.

"Terima kasih kepada masyarakat Indonesia yang baik hati dan kepada Anda, para jurnalis dan media yang terkasih, atas dukungan kuat Anda dalam perjuangan kami, karena Indonesia telah berhasil memenangkan hak untuk berdiri tegak serta meraih kemerdekaan atas pertempuran yangsulit," ujar Dubes Hamianin.

"Ukraina saat ini sedang berjuang untuk meraih nilai-nilai yang sama - kebebasan, kemerdekaan, dan kebahagiaan."

"Bersama, dengan semangat bahu-membahu, kita dapat membuat dunia menjadi lebih baik dan bebas dari kekerasan serta ketidakadilan."

3 dari 3 halaman

Infografis Donald Trump Vs Jurnalis CNN dan Emmanuel Macron

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.