Sukses

Filipina Hadirkan Superhero hingga Boneka Puppet Guna Tingkatkan Vaksinasi COVID-19 pada Anak

Guna menarik minat anak-anak untuk divaksinasi, berbagai cara dilakukan termasuk menghadirkan karakter superhero.

Liputan6.com, Manila - Iron Man hingga Captain America dan sejumlah tokoh lain menghibur anak-anak di pusat vaksinasi di Filipina pada Senin (7/2), sebagai bagian dari upaya untuk meningkatkan kampanye inokulasi COVID-19 di antara warga termudanya.

Para seniman membuat pedang dan model dari balon sebagai "superhero" yang berpose untuk foto bersama anak-anak berusia 5 hingga 11 tahun setelah mereka menerima bidikan mereka di ibu kota Manila. Demikian seperti dikutip dari laman Channel News Asia, Selasa (8/2/2022).

Filipina telah memvaksinasi sekitar setengah dari 110 juta penduduknya, tetapi banyak daerah di luar pusat kota masih tertinggal jauh, mempersulit upaya untuk menekan wabah baru virus corona baru.

Anak-anak sangat terpengaruh oleh aturan pembatasan COVID-19 di Filipina, yang membuat sekolah ditutup selama hampir dua tahun dan mengharuskan kaum muda untuk tinggal di dalam rumah di bawah beberapa aturan penguncian paling ketat di dunia.

"Dia sudah di rumah selama dua tahun sehingga dia perlu keluar dan bertemu teman-temannya, teman sekelasnya," kata Marissa Say setelah putranya menerima vaksin.

"Setelah dia menyelesaikan semua dosis, setidaknya kita bisa merasa aman dan santai dan dia bisa kembali ke kehidupan normalnya."

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Giatkan Vaksinasi Terhadap Anak

Filipina berusaha untuk menginokulasi 15 juta anak secara keseluruhan, tetapi keragu-raguan vaksin yang mendahului pandemi telah memperumit kampanye tersebut. Metode lain untuk mendorong vaksinasi anak termasuk memberikannya di kebun binatang.

Ada 3,6 juta kasus COVID-19 di Filipina sejauh ini, di mana 54.000 di antaranya meninggal. Varian Omicron mendorong rekor jumlah kasus pada beberapa hari bulan lalu.

Orang tua Bernadette Cruz mengatakan vaksinasi anak akan membantu negara dalam melanjutkan kehidupan.

"Sangat penting bagi saya untuk memvaksinasi anak saya karena itu akan membantu untuk memiliki kekebalan kelompok di negara kita dan itu akan membantu pandemi kita saat ini menjadi lebih cepat endemik," katanya. 

3 dari 3 halaman

Infografis Syarat Lansia, Komorbid hingga Ibu Menyusui Disuntik Vaksin Covid-19:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.