Sukses

Presiden Prancis Emmanuel Macron Klaim Diplomasinya Akan Akhiri Krisis Ukraina

Presiden Prancis Emmanuel Macron berencana menemui Vladimir Putin dalam rangka upaya diplomasi tindakan Rusia atas Ukraina.

Liputan6.com, Paris - Presiden Prancis Emmanuel Macron pada Minggu (6/2) merasa mampu mengecilkan kemungkinan invasi Rusia ke Ukraina.

Ia mengatakan dalam wawancara dengan salah satu surat kabar bahwa penumpukan pasukan Rusia di perbatasan Ukraina kemungkinan merupakan bagian dari strategi besar Kremlin untuk memperoleh konsesi dari Barat, ketimbang melakukan ofensif skala besar, demikian dikutip dari laman VOA Indonesia, Selasa (8/2/2022).

"Tujuan geopolitik Rusia hari ini jelas bukan Ukraina, tapi untuk mengklarifikasi peraturan kohabitasi dengan NATO dan Uni Eropa,” katanya kepada harian Prancis Le Journal de Dimanche, hanya beberapa jam sebelum menaiki pesawat ke Moskow.

Di kota itu, ia akan melakukan pembicaraan tatap muka dengan Presiden Rusia Vladimir Putin pada Senin (7/2).

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Klaim Mampu Cegah Konflik Militer

Macron mengklaim perundingannya dengan Rusia kemungkinan akan mencegah terjadinya konflik militer.

"Intensitas dialog yang pernah kami lakukan dengan Rusia dan kunjungan ke Moskow kali ini kemungkinan akan mencegah terjadinya (operasi militer). Kemudian kami akan merundingkan syarat-syarat deeskalasi," katanya.

"Saya selalu menjalankan dialog yang dalam dengan Presiden Putin dan tanggung jawab kami adalah membangun solusi bersejarah."

Pandangannya itu sangat berbeda dengan bagaimana pemerintahan Biden menilai penumpukan militer Moskow dan risiko ofensif oleh Rusia.

Invasi Rusia ke Ukraina "bisa terjadi kapan saja," kata Penasihat Keamanan Nasional Gedung Putih Jake Sullivan pada Minggu (6/2). Jika terjadi, itu akan menjadi operasi militer terbesar di Eropa sejak Perang Dunia II.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.