Sukses

Punya Banyak Teman Justru Pengaruhi Kesehatan Mental? Begini Kata Ahli

Para ahli menyatakan bahwa ketika seseorang memiliki banyak teman, hal tersebut justru mempengaruhi kesehatan mentalnya.

Liputan6.com, Jakarta - Manusia sebagai makhluk sosial tentu akan membutuhkan orang lain untuk hidup berdampingan. 

Kehadiran teman dibutuhkan untuk berbagi cerita hingga berbagi kebahagiaan.

Namun, para ahli mengatakan bahwa memiliki terlalu banyak teman mungkin berbahaya bagi kesehatan mental Anda dan ada hubungan yang melibatkan kecemasan dan depresi.

Memiliki satu teman yang solid dan dapat dipercaya yang percaya, dan berbagi tujuan dan keyakinan Anda, jauh lebih baik daripada dikelilingi oleh orang-orang yang sebenarnya tidak Anda butuhkan.

Dilansir dari laman Bright Side, Senin (7/2/2022), ini alasan Anda harus memprioritaskan kualitas pertemanan dibandingkan kuantitasnya. 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Anda memiliki lebih sedikit waktu untuk diri sendiri

Masalah jika Anda memiliki banyak teman adalah kurangnya satu aspek penting: keseimbangan. Menemukan waktu untuk terlibat dengan teman-teman Anda mungkin sulit dengan jadwal sibuk semua orang. Jika Anda lebih peduli untuk menyenangkan mereka atau mengatur ulang agenda Anda untuk mengakomodasi mereka, persahabatan Anda mungkin menjadi menguras emosi atau fisik dan Anda akhirnya membiarkan diri Anda tenggelam.

Menciptakan kehidupan yang terpisah dari teman-teman Anda adalah bagian penting dari pertumbuhan pribadi.

Ketika Anda memiliki sedikit kenalan, akan lebih mudah bagi Anda untuk menentukan prioritas Anda. Akibatnya, Anda akan lebih fokus pada pengembangan Anda sendiri. Mereka yang mencintai Anda akan menghormati batasan Anda dalam hal menghabiskan waktu sendirian.

3 dari 6 halaman

2. Anda akan terus-menerus ditekan untuk memenuhi harapan orang lain

Stres dan ekspektasi mungkin timbul dari beberapa faktor, biasanya dari orang-orang yang mungkin menyebabkan ketegangan dan kecemasan.

Untuk diakui sebagai “teman”, kebanyakan orang mengharapkan Anda ada dalam kehidupan sehari-hari mereka, baik melalui pertemuan, panggilan telepon, atau pesan teks. Namun, banyak dari mereka akhirnya kehilangan minat untuk mempertahankan hubungan mereka.

Persahabatan memerlukan beberapa tugas dan harapan yang melekat. Orang yang memiliki banyak teman, khususnya, mungkin merasa sulit untuk memenuhi tanggung jawab mereka. 

Mempertahankan sekelompok teman mengurangi sumber daya sosial Anda yang berharga, membuat Anda kurang bisa menjadi teman yang baik. 

4 dari 6 halaman

3. Anda mungkin akan merasa kesepian

Jika Anda percaya bahwa Anda memiliki banyak teman dalam hidup Anda, Anda mungkin hanya memiliki terlalu banyak kenalan dan itu hanya membuat Anda kesepian.

Kesepian tidak selalu merupakan hasil dari kesendirian, tetapi lebih sering merupakan hasil dari dikelilingi oleh orang-orang yang tidak Anda habiskan dengan apa yang disebut "waktu berkualitas". Terlepas dari seberapa dekat teman Anda dengan Anda atau seberapa besar mereka peduli pada Anda, mereka mungkin tidak selalu memahami apa yang Anda alami.

Ketika berbicara tentang persahabatan jangka panjang, sangat penting untuk menetapkan batasan. Dengan menerima mereka, kita mencapai 2 tujuan: kita menyingkirkan orang yang tidak kita butuhkan dan kita berhenti merasa kesepian. Akibatnya, teman-teman Anda yang tersisa sama setianya kepada Anda seperti halnya Anda kepada mereka.

5 dari 6 halaman

4. Pertemanan Palsu

Tidak ada persahabatan yang layak mempertaruhkan kesehatan mental Anda. Namun, sangat penting untuk menjaga kesehatan emosional Anda. Menetapkan siapa orang-orang di lingkaran dalam Anda sangat penting untuk mengurangi daftar teman sejati Anda.

Namun, mereka yang Anda yakini sebagai teman Anda mungkin berubah menjadi " musuh" Anda.

Jenis teman seperti ini mungkin tampak ingin Anda sukses di permukaan, tetapi sebenarnya, mereka akan membicarakan Anda dan iri dengan pencapaian Anda di belakang Anda.

Banyak orang yang bisa berubah menjadi frenemies — semakin banyak orang yang terlibat dengan Anda, semakin besar kemungkinan mereka akan menjadi teman palsu.

6 dari 6 halaman

5. Tidak semuanya mengenal Anda dengan baik

Mengenal banyak orang dapat membantu dan kenalan yang tepercaya adalah penting. Namun, Anda tidak harus berteman hanya karena bergaul dengan seseorang.

Teman membuat Anda menjadi orang yang lebih baik. Mereka membantu Anda dalam pengembangan Anda sendiri, dan Anda membantu mereka dengan cara yang sama. Ini adalah kesepakatan bersama yang tak terucapkan yang Anda berdua bagikan dan pahami sepenuhnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini