Sukses

Eks Wapres AS Mike Pence Tak Dukung Donald Trump Soal Protes Hasil Pemilu 2020

Mantan Wakil Presiden AS Mike Pence telah menolak klaim Donald Trump bahwa ia bisa menghentikan Joe Biden menjadi presiden tahun lalu.

Liputan6.com, D.C - Mantan Wakil Presiden AS Mike Pence telah menolak klaim Donald Trump bahwa ia bisa menghentikan Joe Biden menjadi presiden tahun lalu.

Dalam bantahan terkuatnya, dia mengatakan Trump salah untuk menyarankan dia memiliki hak untuk membatalkan pemilihan, demikian seperti dikutip dari BBC, Sabtu (5/2/2022).

Berbicara di Orlando, Florida, Pence menanggapi komentar Trump pada hari Minggu bahwa dia bisa membatalkan pemilihan jika dia mau. Trump secara salah mengklaim bahwa pemilihan itu dicuri oleh Biden.

Beberapa hari kemudian Trump mengatakan komite pemilihan harus menyelidiki Pence alih-alih para perusuh.

"Presiden Trump salah. Saya tidak punya hak untuk membatalkan pemilu. Kepresidenan adalah milik rakyat Amerika, dan rakyat Amerika saja," kata Pence.

"Dan [Wakil Presiden saat ini] Kamala Harris tidak akan memiliki hak untuk membatalkan pemilihan ketika kami mengalahkan mereka pada 2024."

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Penyelidikan oleh Kongres AS

Secara terpisah Partai Republik mengecam dua anggota parlemen utamanya karena menyelidiki kerusuhan Capitol.

Massa menyerbu Capitol ketika anggota parlemen bertemu untuk mengkonfirmasi kemenangan jajak pendapat Presiden Joe Biden pada 6 Januari tahun lalu.

Empat orang tewas selama kerusuhan, dan seorang petugas polisi yang menderita dua pukulan saat mempertahankan gedung meninggal pada hari berikutnya.

Dua legislator, Liz Cheney dan Adam Kinzinger, adalah satu-satunya anggota Partai Republik di komite pemilihan kongres yang menyelidiki kerusuhan tersebut.

Pernyataan oleh Komite Nasional Partai Republik (RNC) menuduh pasangan itu membantu menganiaya "warga biasa yang terlibat dalam wacana politik yang sah".

RNC tampaknya menyarankan perusuh telah terlibat dalam tindakan politik yang sah tetapi Ketua RNC Ronna McDaniel mengklarifikasi bahwa itu adalah referensi untuk "wacana politik yang sah yang tidak ada hubungannya dengan kekerasan di Capitol".

Pemungutan suara disahkan oleh mayoritas dari 168 anggota RNC pada pertemuan musim dingin mereka di Salt Lake City, Utah, kata laporan.

Komite mengatakan akan "segera menghentikan setiap dan semua dukungan dari mereka" sebagai anggota partai tanpa mengeluarkan mereka dari partai.

Kedua anggota parlemen mengeluarkan pernyataan sebelum pemungutan suara.

"Para pemimpin Partai Republik telah membuat diri mereka bersedia menyandera seorang pria yang mengakui bahwa dia mencoba untuk membatalkan pemilihan presiden dan menyarankan dia akan mengampuni terdakwa 6 Januari, beberapa di antaranya telah didakwa dengan konspirasi hasutan," kata Cheney.

Mereka juga menerima dukungan dari lawan Trump lainnya di partai tersebut. Senator Mitt Romney bercuit: "Rasa malu jatuh pada sebuah partai yang akan mengecam orang-orang hati nurani, yang mencari kebenaran dalam menghadapi tuntutan."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini