Sukses

COVID-19 Terkendali, Balap Mobil F1 di Singapura Akan di Gelar September 2022

Perlombaan balap mobil F! malam hari akan kembali ke jalan-jalan Marina Bay Singapura pada bulan September setelah absen dua tahun karena pandemi COVID-19.

Liputan6.com, Singapura - Kontrak baru bagi Singapura untuk menjadi tuan rumah Grand Prix Formula 1 selama tujuh tahun lagi akan menjadi kekuatan pendorong untuk perubahan besar dalam lanskap pasca-pandemi, dari dorongan pariwisata hingga penciptaan lapangan kerja, kata para pakar industri.

Perlombaan malam akan kembali ke jalan-jalan Marina Bay pada bulan September setelah absen dua tahun karena pandemi COVID-19, Dewan Pariwisata Singapura mengumumkan pada 27 Januari 2022 sebagaimana dikutip dari Channel News Asia, Sabtu (5/2/2022).

Grand Prix Singapura dibatalkan pada 2020 dan 2021 setelah dijadwalkan sebagai bagian dari kalender balapan F1.

Acara ini "katalitik" karena perhatian dari seluruh dunia akan secara langsung menguntungkan seluruh industri pariwisata, kata Dr Kevin Cheong, ketua Asosiasi Atraksi Singapura (ASA).

"(Dengan) jumlah bola mata yang terpaku secara global pada balapan F1, kontrak tujuh tahun Singapura mengunci Singapura dan Grand Prix sebagai balapan utama yang harus dilihat, harus dialami, dan harus dikunjungi di Asia Tenggara."

Dr Cheong menambahkan bahwa waktu balapan F1 pada bulan September "sangat strategis".

"F1 akan memulai musim liburan akhir tahun, dengan musim perjalanan India pada bulan Oktober / November, kemudian liburan musim dingin pada bulan Desember, dan akhirnya liburan Tahun Baru Imlek pada bulan Januari / Februari," katanya.

Dengan Grand Prix F1 menargetkan "hasil tinggi, pelancong mewah" dan pelanggan hiburan perusahaan, kontrak baru menempatkan posisi tujuan Singapura pada "target pasar setinggi mungkin", tambah Dr Cheong.

Beberapa hotel yang terletak di dekat sirkuit juga menyatakan kegembiraan tentang kembalinya balapan malam, dan bersiap-siap untuk menyambut lebih banyak pelanggan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Dampak di Luar Pariwisata

Dengan kontrak baru yang membuat Singapura tetap dalam kalender Grand Prix F1 hingga 2028, acara ini akan menciptakan "semangat" di sektor pariwisata yang telah sangat terpukul oleh pandemi, kata Dr Michael Chiam, analis pariwisata dan wakil direktur di Ngee Ann Polytechnic's School of Business and Accountancy.

Sementara manfaat keuangan yang akan diperoleh untuk ekonomi dan industri perhotelan Singapura akan "awalnya kecil", "dampak positif mendasar" akan tetap ada, tambah Ben Cassim, manajer Diploma Temasek Polytechnic dalam Manajemen Perhotelan &Pariwisata.

Manfaat ini termasuk arus masuk penerimaan turis dan permintaan kamar hotel selama periode balapan, terutama untuk hotel di sekitar sirkuit balap, katanya.

Tetapi efek riak F1 Grand Prix juga akan dirasakan oleh sektor lain di luar pariwisata.

Acara ini akan menciptakan bisnis untuk perusahaan lokal dan pekerjaan bagi penduduk setempat, dari kontrak berbasis proyek hingga pekerjaan paruh waktu, Dr Chiam dan Cassim menunjukkan.

Mereka menyoroti bahwa balapan F1 juga akan menguntungkan sektor F&B, atraksi, ritel dan transportasi.

"Penerima manfaat potensial lainnya termasuk ... (the) medis (sektor). Yang lebih signifikan adalah peluang jaringan bisnis yang akan diberikan acara tersebut kepada berbagai industri dan sektor yang beroperasi di Singapura," kata Cassim.

Di sisi lain, James Walton, pemimpin kelompok bisnis olahraga di Deloitte Asia Tenggara, mencatat bahwa panjang kontrak baru "memunculkan beberapa mitra baru yang menarik" di luar industri-industri yang secara tradisional mendapat manfaat dari acara tersebut.

"Durasi tujuh tahun sebagian karena keinginan untuk mengubah acara menjadi lebih berkelanjutan dan menjadi kotak pasir untuk inovasi," katanya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Penyebaran Covid-19 ke seluruh penjuru dunia diawali dengan dilaporkannya virus itu pada 31 Desember 2019 di Wuhan, China

    COVID-19

  • Singapura atau Republik Singapura terletak di bagian Tenggara Asia dan dikenal dengan ikon Patung Singa.
    Singapura atau Republik Singapura terletak di bagian Tenggara Asia dan dikenal dengan ikon Patung Singa.

    Singapura

  • F1

  • Formula 1

Video Terkini