Sukses

Perbaiki Citra, Taliban Larang Anggotanya Bawa Senjata ke Taman Anak-anak

Tentara Taliban telah menghabiskan sebagian besar hidupnya dalam pemberontakan melawan pemerintah Afghanistan yang didukung Amerika Serikat.

Liputan6.com, Kabul - Juru bicara Taliban, Rabu (2/2), mengatakan mereka tidak akan lagi mengizinkan lagi tentaranya membawa senjata ke taman hiburan di Afghanistan. Hal tersebut ditengarai sebagai upaya penguasa baru negara itu untuk memoles citra mereka.

Tentara Taliban telah menghabiskan sebagian besar hidupnya dalam pemberontakan melawan pemerintah Afghanistan yang didukung Amerika Serikat (AS) selama 20 tahun, berbondong-bondong datang ke taman hiburan di kota-kota Afghanistan setelah kelompok tersebut mengambil alih kekuasaan pada Agustus lalu.

"Mujahidin Imarah Islam tidak diizinkan memasuki taman hiburan dengan senjata, seragam militer, dan kendaraan," kata juru bicara utama Taliban, Zabihullah Mujahid, di Twitter, demikian dikutip dari laman VOA Indonesia, Jumat (3/2/2022).

"(Mereka) wajib mematuhi semua aturan dan peraturan taman hiburan."

Taliban dikenal sebagai penegak aturan yang tidak kenal kompromi dan seringkali brutal yang terlihat dari cara mereka saat terakhir memerintah, antara 1996 dan 2001.

Namun sejak mengambil alih pada Agustus, mereka mencoba untuk menampilkan wajah yang lebih moderat kepada sesama warga Afghanistan dan dunia yang lebih luas, saat kabinet sementara bergulat dengan krisis kemanusiaan yang membayangi.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Ingin Berlibur

Daya tarik khusus bagi tentara Taliban adalah salah satu taman hiburan terbesar di Kabul dan taman tepi air di waduk Qargha, di pinggiran barat kota.

Pejuang mencengkeram senapan otomatis mengantre untuk naik komidi putar dan mengayunkan kapal bajak laut, sementara para pengunjung yang berasal dari masyarakat biasa memandang mereka dengan gugup.

Sebagian besar tentara yang berbicara dengan Reuters pada saat itu mengaku belum pernah ke Kabul sampai Taliban menguasai ibu kota pada 15 Agustus. Beberapa tentara mengatakan ingin mengunjungi taman hiburan sebelum kembali bertugas di seluruh pelosok negeri.

3 dari 3 halaman

Infografis Taliban Rebut Kabul, Afghanistan Genting

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.