Sukses

5 Jam Menyerang, Kelompok Bersenjata Gagal Kudeta Pemerintah Guinea-Bissau

Upaya melawan demokrasi terjadi ketika berlangsung pertemuan pemerintah di gedung itu," kata Presiden Guinea-Bissau.

Liputan6.com, Guinea-Bissau - Istana pemerintah Guinea-Bissau diserang oleh sekelompok orang bersenjata senapan mesin dan AK-47 pada Selasa 1 Februari 2022. Mereka menyerang selama beberapa jam, ketika presiden dan perdana menteri berada di dalam istana itu.

Kendati demikian, upaya kudeta itu akhirnya berhasil digagalkan.

"Upaya melawan demokrasi  terjadi ketika berlangsung pertemuan pemerintah di gedung itu," kata Presiden Umaro Sissoco Embalo kepada wartawan pada Selasa 1 Februari malam seperti dikutip dari VOA Indonesia, Rabu (2/2/2022). 

Ia menambahkan bahwa "pasukan pertahanan dan keamanan republik kami mampu menghentikan kejahatan ini." Associated Press melaporkan aksi penembakan itu berlangsung selama lima jam.

Sejauh ini belum jelas diketahui siapa dalang serangan itu, meskipun Embalo mengatakan hal ini “juga ada hubungannya dengan perjuangan melawan perdagangan narkoba.”

Guinea-Bissau dikenal sebagai titik transit kokain antara Amerika Latin dan Eropa pada tahun 2000-an ketika para penyelundup mendapat keuntungan dari korupsi dan lemahnya penegakan hukum di negara itu.

Blok regional Afrika Barat yang beranggotakan 15 negara yang dikenal sebagai ECOWAS – dan selama 18 bulan terakhir ini telah bergulat mengatasi tiga kudeta lain di negara-negara anggotanya – menyebut aksi kekerasan yang terjadi pada Selasa (1/2) tersebut sebagai upaya kudeta dan mengatakan pihaknya mengikuti situasi di Guinea-Bissau "dengan sangat prihatin."

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Upaya Kudeta Dikecam

Kementerian Luar Negeri Portugal mencuit bahwa pihaknya mengutuk keras serangan di negara bekas jajahannya itu.

Sejak merdeka dari Portugal tahun 1974, Guinea-Bissau telah mengalami empat kudeta dan lebih dari sepuluh percobaan kudeta.

Embalo, mantan Jenderal Angkatan Darat, dinyatakan sebagai pemenang pemilu putaran kedua pada Desember 2019, meskipun hasilnya ditentang oleh lawan politiknya. Embalo membentuk pemerintahan baru dengan dukungan militer, sementara gugatan hukum atas pemilu tersebut di yang bergulir di Mahkamah Agung tertunda.

Upaya kudeta pada Selasa (1/2) terjadi di tengah tren pengambilalihan kekuasaan oleh pihak militer di wilayah Afrika Barat. Sejak Agustus 2020, tentara telah merebut kekuasaan di Mali, Guinea, dan Burkina Faso. Meskipun ada tekanan dari masyarakat internasional untuk kembali pada aturan konstitusional, belum ada penguasa militer yang menyelenggarakan pemilihan baru.

Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres, yang berbicara kepada wartawan di markas besar PBB di New York, mengutuk “kudeta mengerikan yang terjadi berkali-kali” di kawasan itu, yang disebutnya “benar-benar tidak dapat diterima.”

3 dari 3 halaman

Infografis 6 Cara Efektif Hadapi Potensi Penularan COVID-19 Varian Omicron

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.