Sukses

Tersedia Akhir Februari, Ini 6 Fakta Soal Vaksin COVD-19 Anak di Bawah 5 Tahun Buatan Pfizer

Berikut ini enam fakta di balik vaksin COVID-19 anak buatan Pfizer, Liputan6.com rangkum dari sejumlah sumber:

Liputan6.com, New York - Kelompok usia terakhir dari populasi yang tidak dapat mendapatkan vaksin COVID-19 mungkin segera dapat melakukannya – dan jauh lebih awal dari yang diperkirakan.

Pfizer-BioNTech pada Selasa 1 Februari 2022 mengajukan pengajuan untuk otorisasi penggunaan darurat ke Food and Drug Administration (FDA) terkait rejimen vaksin COVID-19 yang dirancang digunakan pada anak-anak berusia enam bulan hingga lima tahun.

"Memiliki vaksin yang aman dan efektif yang tersedia untuk anak-anak dalam kelompok usia ini adalah prioritas badan tersebut dan kami berkomitmen untuk meninjau data secara tepat waktu," kata penjabat Komisaris FDA Janet Woodcock seperti dikutip dari situs NPR.Org, Rabu (2/2/2022).

Berikut ini enam fakta di balik vaksin COVID-19 anak buatan Pfizer, Liputan6.com rangkum dari sejumlah sumber:

1. Pertemuan untuk Otorisasi Segera

FDA mengumumkan pertemuan komite penasehat 15 Februari untuk membahas permintaan otorisasi penggunaan darurat.

2. Hasil Uji Sebelumnya Positif Beri Perlindungan

Uji klinis musim gugur yang lalu menunjukkan bahwa dosis rendah vaksin menghasilkan perlindungan pada anak-anak hingga usia 2 tahun tetapi gagal melakukannya pada anak-anak berusia 2-5 tahun. Perusahaan mengumumkan pada bulan Desember mereka akan menambahkan dosis ketiga untuk uji coba, yang akan menunda pengajuan ke FDA.

3. Suntik Dua Dosis dan Pantau untuk Booster

Otorisasi penggunaan darurat dapat memungkinkan anak-anak untuk memulai rejimen dua dosis, kemudian mempersiapkan anak-anak berusia antara 2-5 tahun untuk menerima suntikan ketiga ketika data menunjukkan keefektifannya.

"Saat ini mereka mungkin memiliki lebih banyak informasi tentang apakah kedua suntikan itu memberikan perlindungan sama sekali," kata Dr. Bob Wachter, ketua Departemen Kedokteran Universitas California San Francisco.

"Sepertinya dosis ketiga akan diperlukan ... tetapi Anda tidak bisa mendapatkan suntikan # 3 sampai Anda [memiliki] tembakan 1 dan 2," tulisnya dalam email Senin malam.

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

4. Pengunaan Vaksin COVID-19 Anak Sebelumnya Rendah

FDA mengizinkan perusahaan vaksin untuk anak-anak berusia 5 hingga 11 tahun Oktober lalu, tetapi penggunaan di antara anak-anak tetap jauh lebih rendah daripada populasi keseluruhan. Menurut data dari Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit, hanya 21,6% anak usia 5-11 tahun yang divaksinasi lengkap.

"Pertanyaan kuncinya adalah apakah orang tua dari anak-anak yang lebih kecil akan memvaksinasi anak-anak mereka," kata Dr. Celine Gounder, asisten profesor klinis di NYU Langone Health. "Orang tua relatif lebih ragu untuk memvaksinasi anak-anak mereka daripada diri mereka sendiri."

Gounder memperkirakan tingkat vaksinasi untuk kelompok anak-anak yang lebih muda akan mencerminkan kelompok yang sudah diotorisasi untuk dosisnya.

5. Diperkirakan Tersedia Akhir Februari

NBC News melaporkan Food and Drug Administration dapat memperluas penggunaan vaksin COVID-19 Pfizer-BioNTech untuk anak-anak usia 6 bulan hingga 5 tahun pada akhir Februari, kata seseorang yang mengetahui rencana tersebut.

6. Dosis yang Telah Diuji

Pfizer telah menguji 3 dosis mikrogram untuk sejumlah kelompok usia. Anak-anak berusia 5 hingga 11 tahun telah diizinkan untuk menerima 10 dosis mikrogram, sementara semua orang yang berusia 12 tahun ke atas menerima 30 dosis mikrogram.

3 dari 3 halaman

Infografis Ayo Jadikan 2022 Tahun Terakhir Indonesia dalam Masa Pandemi COVID-19

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.