Sukses

Wajib Ada dalam Perayaan Imlek, 7 Makanan Ini Diyakini Bawa Keberuntungan

Menu makanan yang diyakini membawa keberuntungan dalam perayaan Imlek.

Liputan6.com, Jakarta - Hidangan tertentu dimakan dalam perayaan Tahun Baru Imlek karena makna simbolisnya. Makanan keberuntungan disajikan selama musim festival 16 hari, terutama pada makan malam Tahun Baru Imlek di Malam Tahun Baru, yang diyakini membawa keberuntungan untuk tahun yang akan datang. 

Dilansir dari China Highlights, Selasa (1/2/2022), simbolisme keberuntungan dari makanan tradisional Tahun Baru Imlek ini didasarkan pada pengucapan atau penampilannya. 

Tidak hanya hidangan itu sendiri yang penting, tetapi juga persiapan, dan cara menyajikan dan makan sangat berarti.

Makanan Tahun Baru Imlek yang paling umum termasuk pangsit, ikan, lumpia, dan niangao. 

Berikut adalah sejumlah makanan yang kerap dimakan saat Imlek dan diyakini membawa keberuntungan:

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 9 halaman

1. Ikan

Dalam bahasa China, "ikan" (鱼 Yú /yoo/) terdengar seperti 'surplus'. Ikan adalah hidangan Tahun Baru Imlek tradisional pada menu makan malam Tahun Baru Imlek.

Orang Tionghoa selalu ingin memiliki surplus di akhir tahun, karena mereka berpikir jika mereka telah berhasil menabung di akhir tahun, maka mereka dapat menghasilkan lebih banyak di tahun berikutnya.

Ikan kukus adalah salah satu resep Tahun Baru hina yang paling terkenal.

3 dari 9 halaman

2. Pangsit (Arti: Kekayaan)

Dengan sejarah lebih dari 1.800 tahun, pangsit (饺子 Jiǎozi /jyaoww-dzrr/) adalah makanan keberuntungan klasik untuk Tahun Baru Imlek, dan hidangan tradisional yang dimakan pada Malam Tahun Baru Imlek, sangat populer di Tiongkok, terutama di Tiongkok Utara.

Pangsit China dapat dibuat agar terlihat seperti batangan perak China (yang bukan batangan, tetapi berbentuk perahu, lonjong, dan kedua ujungnya dimiringkan). Legenda mengatakan bahwa semakin banyak kue yang Anda makan selama perayaan Tahun Baru, semakin banyak uang yang dapat Anda hasilkan di Tahun Baru.

Pangsit umumnya terdiri dari daging cincang dan sayuran cincang halus yang dibungkus dengan kulit adonan tipis dan elastis. Isi populer adalah daging babi cincang, udang potong dadu, ikan, ayam giling, daging sapi, dan sayuran. Pangsit bisa dimasak dengan merebus, mengukus, menggoreng atau memanggang.

4 dari 9 halaman

3. Lumpia (Arti: Kekayaan)

Lumpia (春卷 Chūnjuǎn /chwnn- jwen/) mendapatkan namanya karena mereka dimakan secara tradisional selama Festival Musim Semi. Ini adalah hidangan Tahun Baru Imlek yang sangat populer di Tiongkok Timur: Jiangxi, Jiangsu, Shanghai, Fujian, Guangzhou, Shenzhen, Hong Kong, dll.

Lumpia adalah hidangan dim sum Kanton dari gulungan berbentuk silinder yang diisi dengan sayuran, daging, atau sesuatu yang manis. Isian dibungkus dengan pembungkus adonan tipis, lalu digoreng, saat lumpia diberi warna kuning keemasan.

5 dari 9 halaman

4. Kue Beras Ketan (Arti: Penghasilan atau Posisi Lebih Tinggi)

Kue beras ketan (年糕 Niángāo /nyen-gaoww/) adalah makanan keberuntungan yang disantap pada Malam Tahun Baru Imlek.

Dalam bahasa China, kue beras ketan terdengar seperti itu berarti "semakin tinggi dari tahun ke tahun".

Dalam pikiran orang China, ini berarti semakin tinggi Anda semakin makmur bisnis Anda adalah peningkatan umum dalam kehidupan. Bahan utama niangao adalah ketan, gula, kastanye, kurma China, dan daun teratai.

6 dari 9 halaman

5. Tangyuan (Arti: Kebersamaan Keluarga)

Bola nasi manis (汤圆 Tāngyuán /tung-ywen/) adalah makanan utama untuk Festival Lentera Tiongkok, namun, di Tiongkok selatan, orang memakannya selama Festival Musim Semi.

Pengucapan dan bentuk bulat tangyuan dikaitkan dengan reuni dan kebersamaan. Itu sebabnya mereka disukai oleh orang Tionghoa saat perayaan Tahun Baru.

7 dari 9 halaman

6. Mie Panjang Umur

Mie panjang umur (长寿面 Chángshòu Miàn /chung-show myen/) secara mengejutkan melambangkan keinginan untuk panjang umur. Panjangnya dan persiapannya yang tidak terputus juga merupakan simbol dari kehidupan pemakan.

Ini adalah makanan keberuntungan yang dimakan pada Hari Tahun Baru China di China Utara. 

Mie itu lebih panjang dari mie normal dan tidak dipotong, baik digoreng dan disajikan di piring, atau direbus dan disajikan dalam mangkuk dengan kaldu mereka.

8 dari 9 halaman

7. Buah Keberuntungan (Arti: Kepenuhan dan Kekayaan)

Buah-buahan tertentu dimakan selama periode Tahun Baru China, seperti jeruk keprok dan jeruk, dan pomelo. Mereka dipilih karena mereka sangat bulat dan berwarna "emas" , melambangkan kepenuhan dan kekayaan, tetapi lebih jelas untuk suara keberuntungan yang mereka bawa saat diucapkan.

9 dari 9 halaman

Infografis 5 Cara Tidak Tertular COVID-19 dari Orang Tanpa Gejala

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini