Sukses

PM Kanada Positif COVID-19, Keluarga Dipindahkan ke Lokasi Rahasia

Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau mengatakan pada Senin 31 Januari 2022 bahwa dia positif COVID-19.

Liputan6.com, Toronto - Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau mengatakan pada Senin 31 Januari 2022 bahwa dia positif COVID-19. Kendati demikian ia merasa baik-baik saja dan akan terus bekerja dari jarak jauh sambil mengikuti pedoman kesehatan masyarakat.

"Pagi ini, saya dinyatakan positif COVID-19. Saya merasa baik-baik saja - dan saya akan terus bekerja dari jarak jauh minggu ini sambil mengikuti pedoman kesehatan masyarakat," cuit Justin Trudeau seperrti dikutip dari Channel News Asia, Selasa (1/2/2022).

"Trudeau menjalani isolasi minggu lalu setelah salah satu anaknya dinyatakan positif COVID-19, tetapi pada saat tes cepat hasilnya kembali negatif," kata PM Kanada kepada Canadian Press sebelumnya.

Karena dinyatakan positif COVID-19, Justin Trudeau tidak bisa berada di Parlemen pada Senin malam ketika dibuka kembali setelah liburan musim dingin.

PM Kanada berusia 50 tahun itu juga sempat menjalani isolasi selama dua minggu pada Maret 2020 pada awal pandemi setelah istrinya, Sophie, dinyatakan positif COVID-19.

CTV News melaporkan Trudeau dan keluarganya menghabiskan akhir pekan di Wilayah Ibu Kota Nasional, sementara ribuan pengunjuk rasa memenuhi pusat kota menyerukan penghapusan mandat vaksin COVID-19 dan pembatasan lainnya. Banyak peserta telah menyatakan kemarahan pada perdana menteri dan keinginan untuk melihatnya dicopot dari jabatan.

Dia berbicara tentang protes yang sedang berlangsung selama sambutannya, mengutuk keras perilaku yang terlihat.

Trudeau berpartisipasi dalam serangkaian acara lain dari jarak jauh pada hari Senin, termasuk periode pertanyaan dan debat tentang situasi yang sedang berlangsung di Ukraina.

Mengutip CNN, keluarga Justrin Trudeau telah dipindahkan ke lokasi yang dirahasiakan sebagai tindakan pencegahan ketika protes berlanjut di Ottawa oleh mereka yang menentang pembatasan kesehatan COVID-19. Aksi yang dimulai sebagai protes oleh pengemudi truk yang menentang persyaratan vaksin dan mendapatkan pengikut yang menyerukan diakhirinya mandat COVID-19 lainnya.

Kanada memiliki salah satu tingkat vaksinasi COVID-19 tertinggi di dunia, dengan sekitar 4 dari setiap 5 orang Kanada divaksinasi dosis penuh, menurut data dari Universitas Johns Hopkins. Kendati demikian Trudeau memperingatkan warga Kanada bulan ini untuk "bersantai" pada musim dingin.

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Jajaran Kabinet Kanada yang Terinfeksi COVID-19

Beberapa menteri kabinet Kanada, termasuk Menteri Luar Negeri Melanie Joly, juga terkena COVID-19 dalam beberapa bulan terakhir.

Pemimpin dunia Barat lainnya yang telah tertular Virus Corona COVID-19 di masa lalu, termasuk mantan Presiden AS Donald Trump dan Perdana Menteri Inggris Boris Johnson, yang keduanya jatuh sakit pada tahun 2020.

3 dari 3 halaman

Infografis Tradisi Tahun Baru Imlek

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.