Sukses

Menguak Fakta di Balik Tahun Macan Air Saat Imlek 2022

Berikut ini sejumlah fakta soal tahun Macan Air.

Liputan6.com, Jakarta - Tahun Baru Imlek, yang juga disebut Festival Musim Semi di China dan Hong Kong, jatuh pada bulan baru kedua setelah titik balik matahari musim dingin, yang biasanya antara pertengahan Januari dan pertengahan Februari.

Tahun ini, Imlek jatuh pada hari Selasa, 1 Februari.

Dilansir dari ABC7, Selasa (1/2/2022), festival ini dirayakan secara berbeda di seluruh dunia, terutama di wilayah dengan populasi Tionghoa yang lebih besar, dan secara tradisional berfokus pada tema reuni dan harapan.

Beberapa tradisi antara lain menyalakan petasan dan menghias dengan warna merah.

Orang-orang juga menukar angpao atau amplop merah berisi uang keberuntungan.

Dalam zodiak China, tahun ini adalah tahun Macan Air. Berikut ini sejumlah fakta terkait shio tersebut:

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Tahun Macan Air

Zodiak China, sebuah sistem yang telah ada dalam budaya China selama lebih dari 2.000 tahun, menentukan hewan mana yang mewakili tahun tertentu.

Siklus tersebut berulang setiap 12 tahun, dan 2022 adalah Tahun Macan atau Harimau.

Karakteristik yang berbeda diberikan untuk setiap hewan, dan ini secara tradisional digunakan untuk menentukan keberuntungan. Hewan-hewan itu juga dianggap mewakili kepribadian orang yang lahir tahun itu, menurut NatGeo.

Harimau, misalnya, diasosiasikan dengan kekuasaan, pemberontakan, petualangan, dan ketidakpastian, menurut Los Angeles Times.

Orang yang lahir di Tahun Macan (2010, 1998, 1986, 1974, 1962, 1950, dll) dicirikan memiliki etika yang kuat dan mengikuti hawa nafsunya.

Siklus kalender zodiak China 12 tahun diwakili oleh 12 hewan yang berbeda -- tanda-tanda zodiak China -- tapi itu baru permulaan.

Sejumlah orang percaya bahwa untuk setiap tanda zodiak China, keberuntungan akan sangat bergantung pada posisi Tai Sui - bintang-bintang yang berhadapan langsung dengan Jupiter.

Jika tanda zodiak Anda bentrok dengan Tai Sui - alias Grand Duke of Jupiter - pada tahun tertentu, para ahli mengatakan Anda mungkin menemukan diri Anda berurusan dengan hal buruk.

Setiap tahun tidak hanya dikategorikan berdasarkan hewan zodiaknya. Ada juga siklus yang kompleks yang terdiri dari 10 batang surgawi dan 12 cabang duniawi.

Setiap tahun, batang surgawi (salah satu dari lima elemen, yang termasuk dalam kategori yin atau yang) dipasangkan dengan cabang duniawi (salah satu dari 12 hewan zodiak China).

Jadi tahun ini, tanggal 1 Februari menandai awal tahun "Ren Yin", elemen ke-39 dari siklus usia enam tahun China.

Harimau -- "Yin" -- dipasangkan dengan batang surgawi "Ren" -- air. Sehingga disebut sebagai Tahun Macan Air.

3 dari 4 halaman

Zodiak Imlek

  • 2023: Tahun Kelinci
  • 2024: Tahun Naga
  • 2025: Tahun Ular
  • 2026: Tahun Kuda
  • 2027: Tahun Kambing
  • 2028: Tahun Monyet
  • 2029: Tahun Ayam
  • 2030: Tahun Anjing
  • 2031: Tahun Babi
  • 2032: Tahun Tikus
  • 2033: Tahun Lembu
4 dari 4 halaman

Infografis Tradisi Tahun Baru Imlek:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.