Sukses

Ragam Perayaan Tahun Baru Imlek Saat Pandemi COVID-19 di AS

Komunitas Asia di seluruh dunia menyambut Tahun Baru Imlek pada 1 Februari 2022 di tengah pandemi COVID-19.

Liputan6.com, San Fransisco - Meski banyak parade dan festival Tahun Baru Imlek di Amerika Serikat dibatalkan lagi seperti tahun lalu, parade di Chinatown San Francisco tetap berjalan setelah sempat jeda setahun.

"Kami dengan optimistis dan berhati-hati mengadakan parade tatap muka. Kami sangat senang bisa mengadakan acara langsung tahun ini," ujar William Gee, juru bicara parade Tahun Baru Imlek San Francisco seperti dikutip dari VOA Indonesia, Selasa (1/2/2022).

Itu kabar yang menggembirakan bagi pemimpin grup tari tradisional barongsai, Tony Shiu. Seluruh anggota grupnya sudah vaksinasi COVID-19 dosis lengkap dan tampil dengan mengenakan masker.

"Bagi kami, ini adalah tradisi Tahun Baru, seperti Tahun Baru Amerika yang merayakan dengan kembang api."

Tahun Baru Imlek biasanya waktu yang sibuk bagi bisnis dan restoran di Chinatown, tapi kali ini agak berbeda, karena pandemi.

Pengusaha restoran, George Chen, mengatakan, "Kami menerima 90% pembatalan. Biasanya kami sibuk sekali." Tapi restorannya akan tetap buka, dan ia berharap banyak keluarga akan memesan untuk dibawa pulang.

Isu rantai pasokan dan kelangkaan barang juga merugikan beberapa bisnis keluarga yang menjual benda ritual dan dekorasi dari China."Pengiriman lewat kapal, kontainer, makan waktu lebih lama dari biasanya," kata Rebecca Cheung, pemilik toko di Chinatown San Francisco.

Akibatnya beberapa barang dan makanan khas, sulit ditemukan.

Sekarang ini adalah tahun Macan Air dan tahun kedua COVID-19, yang didominasi Varian Omicron. Sebagian warga yang ditemui di Chinatown San Francisco, berencana menunda kumpul-kumpul tahun baru.

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Perayaan Sederhana di Tengah Pandemi COVID-19

Mantan tenaga kesehatan, Sherwin Won, mengatakan, "Keluarga kami berembuk dan memutuskan akan merayakannya enam bulan mendatang."

Diaspora Indonesia di Gainesville negara bagian Florida, Shearly Permatasari, hanya merayakan dengan keluarga inti, secara sederhana.

"Karena kita sekarang sedang pandemi, dan tidak ada sanak keluarga disini, kita lebih menikmati kebersamaan (dengan) makan saja bersama keluarga. Malam tahun baru kita makan di rumah, tapi besoknya di hari tahun barunya, kita menikmati makanan di restoran kesayangan keluarga," ujar food blogger ini.

Di Chinatown Los Angeles, warga juga bersiap, dan parade Tahun Baru Imlek akan tetap berjalan.

Kawasan Little Saigon California juga siap menyambut tahun Macan Air, hewan yang dikenal akan keberanian, kekuatan sekaligus keganasannya.

Dan meski menghadapi tahun yang sulit, pusat makanan Vietnam di Virginia tetap semarak berhias menyambut tahun baru Imlek.

Sementara di Chinatown Washington DC, sponsor membatalkan parade dan menggantinya dengan program virtual.

3 dari 3 halaman

Infografis Tradisi Tahun Baru Imlek

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.