Sukses

Korut Luncurkan Rudal Ketujuh dalam 1 Bulan, Apa Rencana Kim Jong-un?

Apa sebenarnya maksud Kim Jong-un terkait serangkaian peluncuran rudal Korea Utara dalam waktu dekat tersebut? Berikut ini menurut para ahli.

Liputan6.com, Pyongyang - Minggu 30 Januari 2021 terpantau sebagai hari di mana uji coba rudal ketujuh Korea Utara (Korut) sejak awal tahun 2022. Ini menjadikan Januari sebagai salah satu bulan tersibuk untuk program rudal negara itu.

Apa sebenarnya maksud Kim Jong-un terkait serangkaian peluncuran rudal Korut dalam waktu dekat tersebut?

Mengutip BBC, Senin (31/1/2022), para ahli menyarankan beberapa alasan berada di balik serentetan peluncuran, termasuk sinyal politik kekuatan kepada kekuatan global dan regional, keinginan Kim Jong-un untuk menekan AS kembali ke pembicaraan nuklir yang telah lama terhenti dan juga kebutuhan praktis untuk menguji rekayasa baru. dan sistem komando militer.

Waktu peluncurannya juga dianggap penting, tepat sebelum Olimpiade Musim Dingin di China, dan menjelang pemilihan presiden Korea Selatan pada bulan Maret.

Dan tes rudal itu juga melonjak ketika ekonomi Korea Utara yang goyah berjuang di bawah sanksi yang dipimpin AS, kesulitan terkait pandemi COVID-19, dan salah urus selama beberapa dekade.

Dr Daniel Pinkston, seorang dosen hubungan internasional, mengatakan kepada BBC bahwa Korea Utara mungkin memberi sinyal kepada kekuatan besar seperti China, AS dan Dewan Keamanan PBB, tetapi juga musuh regional:

"Ada pemilihan presiden Korea Selatan yang akan datang lebih dari sebulan, jadi ini konsisten dengan perilaku masa lalu mereka untuk mencoba dan mengintimidasi Korea Selatan dan presiden yang akan datang," kata Dr Pinkston, dari Universitas Troy dan yang tinggal di Korea Selatan.

Laporan CNN menyebut Kim memiliki alasan untuk khawatir tentang kemungkinan perubahan pemerintahan di Seoul dalam pemilihan presiden bulan Maret. Konservatif di belakang kandidat presiden Yoon Suk Yeol memiliki kesempatan untuk menggulingkan demokrat yang berkuasa saat ini, digawangi oleh Lee Jae-myung, yang akan menggantikan rekan partai Presiden Moon Jae-in jika terpilih.

Analis mengatakan pemerintah yang dipimpin Yoon diperkirakan akan mengambil garis yang jauh lebih keras terhadap Korea Utara dibandingkan dengan yang dipimpin oleh Lee. Yoon bahkan menanamkan gagasan bahwa Korea Selatan dapat menyerang lebih dulu terhadap ancaman yang dirasakan dari Utara, sebelum Selatan mungkin menderita kerugian besar. "Saya pikir itu adalah sikap yang sangat penting untuk kita miliki," kata Yoon minggu lalu.

Dan sementara Moon telah mengadakan pertemuan puncak dengan Kim, pemerintahan Yoon bisa saja mengabaikan rezim pemimpin Korea Utara, menurut Andrei Lankov, seorang profesor di Universitas Kookmin di Seoul.

"Konservatif adalah pendukung posisi yang tidak terlalu keras dalam hubungan dengan Korea Utara karena mengabaikan fakta keberadaan negara Korea lainnya," tulis Lankov di blog untuk Valdai Club, sebuah think tank Rusia.

Kim tentu mendapat perhatian Moon dengan tes IRBM hari Minggu. Presiden Korea Selatan mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa penembakan IRBM dapat dianggap sebagai sinyal bahwa rezim Kim sedang bersiap untuk membatalkan moratorium rudal balistik antarbenua (intercontinental ballistic missile/ICBM) dan uji coba nuklir.

Moratorium itu sebagian besar telah menjauhkan Korea Utara dari sorotan internasional, tetapi uji coba rudal jarak jauh dapat membalikkan tren itu.

Pamer Rudal yang Mampu Melawan Seri Mahal?

Menurut analis lain, rudal yang diuji awal bulan ini menunjukkan Korea Utara sedang mengembangkan teknologi yang dapat mengalahkan sistem pertahanan rudal yang mahal dan kompleks yang telah dikerahkan Amerika dan Jepang di seluruh wilayah ini.

Mantan komandan angkatan laut Korea Selatan Profesor Kim Dong Yup mengatakan: "Mereka ingin memiliki sistem pencegahan yang seperti ekor kalajengking."

"Tujuan utama Korea Utara bukanlah untuk menyerang tetapi untuk mempertahankan diri mereka sendiri," kata Profesor Kim, seraya menambahkan bahwa negara tersebut sedang mencoba "untuk mengamankan kemampuan pencegahan yang beragam".

Pada tahun 2018, Kim mengumumkan moratorium pengujian senjata nuklir atau rudal balistik antarbenua (ICBM) jarak jauh.

Namun pemimpin Korea Utara itu mengatakan pada 2019 dia tidak lagi terikat moratorium.

AS memberlakukan lebih banyak sanksi terhadap Korea Utara pada awal Januari, sebagai tanggapan atas peluncuran rudal sebelumnya. Negosiasi antara kedua negara terhenti. 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Menunjukkan Kepada Dunia Posisi Korut

Menurut para analis, tujuh uji coba rudal Korea Utara dalam empat minggu pertama tahun 2022 menunjukkan bahwa pemimpin negara itu, Kim Jong-un, berusaha keras untuk memenuhi tujuan domestik dan menunjukkan kepada dunia yang semakin bergejolak bahwa Pyongyang tetap menjadi pemain dalam perebutan kekuasaan dan pengaruh.

"Dengan mengancam akan mengacaukan Asia sementara sumber daya global menipis di tempat lain, Pyongyang menuntut dunia membayarnya untuk bertindak seperti 'kekuatan nuklir yang bertanggung jawab'," kata Leif-Eric Easley, profesor studi internasional di Ewha Womans University di Seoul, Korea Selatan seperti dikutip dari CNN.

Ketujuh uji coba rudal tersebut telah menjalankan keseluruhan, dari apa yang diyakini sebagai kendaraan luncur hipersonik - berpotensi menjadi salah satu senjata paling kuat di planet ini - hingga rudal balistik jarak menengah (intermediate range ballistic missile/IRBM), rudal jarak jauh Pyongyang yang diuji sejak 2017 -- untuk rudal jelajah, senjata yang dimiliki kekuatan seperti AS dalam inventaris mereka selama beberapa dekade.

Tetapi semua jatuh ke dalam janji Kim untuk menjadikan Korea Utara sebagai kekuatan yang dapat bertahan tidak hanya untuk tetangga selatannya, tetapi juga untuk musuh yang lebih jauh, seperti Amerika Serikat.

IRBM yang diuji hari Minggu dapat memiliki jangkauan untuk menghantam wilayah pulau AS Guam di Samudra Pasifik.

 

3 dari 3 halaman

Infografis Nuklir Korut

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.