Sukses

Pandangan Ahli Terkait Olimpiade Musim Dingin 2022, Mampukah China Bertahan?

Dengan kebijakan Zero COVID-19, pemerintah China memberlakukan lockdown ketat di beberapa kota metropolitan setelah munculnya kasus infeksi varian omicron.

Liputan6.com, Beijing - Menjelang penyelenggaraan Olimpiade Musim Dingin Beijing, China berjuang dengan segala cara untuk meredam penyebaran infeksi Omicron. Selama ini pemerintah menerapkan kebijakan ekstra ketat Zero COVID-19.

Dengan kebijakan Zero COVID-19, pemerintah China memberlakukan lockdown ketat di beberapa kota metropolitan setelah munculnya kasus infeksi varian omicron. Jutaan penduduk diminta melakukan tes COVID-19.

Mereka dilarang meninggalkan rumah, juga untuk berbelanja. Bahan makanan diantar oleh satuan tugas COVID-19 sampai ke depan pintu rumah, demikian dikutip dari laman DW Indonesia, Jumat (28/1/2022).

Tapi sekarang muncul laporan bahwa warga Beijing yang terinfeksi omicron. Pemerintah cepat-cepat menyatakan bahwa infeksi itu diakibatkan oleh "paket yang dikirim dari luar negeri".

Namun bersamaan dengan itu, pemerintah juga mempromosikan strategi baru, bukan Zero COVID-19 lagi, melainkan apa yang sekarang disebut "Dynamic Clearing".

Dengan berbagai pendekatan yang dilakukan oleh pemerintah China, mampukah segala target ini mereka capai untuk menciptakan Olimpiade Musim Dingin yang bebas dari COVID-19?

Sejumlah pakar memperkirakan apa yang kemudian akan terjadi terkait Olimpiade Musim Dingin 2022 di Beijing.

Para ahli memperkirakan langkah-langkah yang lebih ekstrem akan diumumkan dalam beberapa minggu mendatang.

Awal bulan ini, otoritas manajemen lalu lintas kotamadya Beijing meminta orang untuk menjauh dari kendaraan khusus yang digunakan untuk mengangkut atlet ke dan dari tempat Olimpiade Musim Dingin.

Otoritas China mengatakan bahwa karena Olimpiade musim dingin akan dilakukan dalam "bubble" atau aturan gelembung -- yang berarti atlet tidak akan diizinkan meninggalkan tempat dan tiket hanya akan dibagikan kepada beberapa orang terpilih. Menurut mereka, Omicron "mungkin tidak mempengaruhi Olimpiade Musim Dingin secara signifikan".

Chen Xi, pakar kesehatan masyarakat di sekolah kesehatan masyarakat Yale, mengatakan bahwa meskipun China terus bersikeras pada kebijakan "nol COVID-19", pihak berwenang juga melakukan peredaman jumlah kasus, demikian dikutip dari laman Guardian.

"Banyak yang berpikir China hanya menggunakan kebijakan nol toleransi, tetapi menurut saya, mereka juga menunggu dan melihat situasi," katanya, seraya menambahkan bahwa para ahli China telah menyadari sifat penyakit ini juga mampu berkembang.

"Faktanya, sejumlah ahli di China sekarang mengamati dengan cermat untuk (melihat) sejauh mana varian baru ini akan mengakibatkan kerusakan sistem kesehatan, dan seberapa siap China dalam menghadapi tantangan jika itu menyebar," kata Xi.

"Penting untuk memiliki data seperti itu sebelum Beijing akhirnya memutuskan untuk membuka secara bertahap."

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Ekstrem Namun Berhasil?

Dalam beberapa minggu terakhir, para ahli China telah mendesak warga untuk menerima suntikan booster mereka. Dalam pidato yang dipublikasikan secara luas awal bulan ini, Zhang Wenhong, salah satu ahli penyakit menular paling terkenal di China, menjelaskan mengapa vaksin membantu mengurangi rawat inap dan kematian.

"Kita harus membiarkan argumen tentang inokulasi, tetapi kita juga harus menyadari bahwa peran vaksin tidak boleh diremehkan," katanya kepada audiensi di Shanghai.

"Jika kita tidak secara aktif divaksinasi dan membangun penghalang kekebalan yang kuat, kita akan kembali ke pandemi yang terjadi pada tahun 1918."

Meskipun langkah-langkah dari pemerintah China ini tampak ekstrem, para peneliti menyebut ini bisa berhasil, setidaknya menurut penghitungan COVID-19 pemerintah terbaru.

Jika akurat, jumlah kasus yang dilaporkan di China "jauh, jauh, jauh lebih rendah daripada yang kita miliki di AS," kata Jeremy Luban, seorang profesor di University of Massachusetts Medical School, demikian dikutip dari laman Time.

Saat ini, China telah melaporkan lebih dari 5.000 kasus dalam sebulan terakhir, dibandingkan dengan AS yang jumlahnya sangat banyak.

"Gagasan yang kami ambil di AS adalah untuk meratakan kurva sehingga lebih sedikit orang yang meninggal."

Grafik infeksi baru China selama setahun terakhir adalah kebalikan dari AS. Sementara rata-rata kasus di China memuncak pada Februari 2020 di bawah 70.000 per bulan dan kemudian terus menurun -- dengan hanya sedikit kesalahan karena Omicron -- kasus AS jumlah stabil pada tingkat yang relatif rendah selama musim panas karena lebih banyak orang yang divaksinasi, tetapi telah meningkat selama beberapa bulan terakhir karena Omicron.

 

3 dari 3 halaman

Infografis AS Boikot Diplomatik Olimpiade Musim Dingin Beijing 2022

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.