28 Januari 1813: Pride and Prejudice Dirilis, Novel Cinta Terpopuler di Inggris

Oleh Tommy Kurnia pada 28 Jan 2022, 06:00 WIB
Diperbarui 28 Jan 2022, 06:00 WIB
Elizabeth Bennett (Keira Knightley) dan Mr. Darcy (Matthew Macfadyen) di film adaptasi novel Pride and Prejudice.
Perbesar
Elizabeth Bennett (Keira Knightley) dan Mr. Darcy (Matthew Macfadyen) di film adaptasi novel Pride and Prejudice. Dok: Universal Pictures

Liputan6.com, London - BBC menggelar survei bertajuk The Big Read pada 2003. Tujuannya untuk mencari tahu novel apa yang paling dicintai pembaca di Inggris Raya. 

Hasilnya, novel The Lord of the Rings karya J.R.R. Tolkien meraih posisi pertama. Sementara, posisi kedua dimenangkan novel cinta berjudul Pride and Prejudice yang ditulis oleh Jane Austen. 

Pride and Prejudice (Harga Diri dan Prasangka) dirilis pada 28 Januari 1813. Novelnya berkisah tentang gadis desa bernama Elizabeth "Lizzy" Bennett dan pria kaya bernama Fitzwilliam Darcy. 

Lizzy sebetulnya tidak tertarik pada Darcy, tetapi ibunya Lizzy berambisi agar salah satu putrinya menikahi Mr. Darcy.

Saat Lizzy bertemu Mr. Darcy dalam sebuah pesta dansa, wanita muda itu langsung mati rasa. Pasalnya, ia menilai bahwa Mr. Darcy punya harga diri yang terlalu tinggi. Prasangka pun mewarnai hubungan kedua tokoh tersebut. 

Kalimat pertama dari novel Pride and Prejudice masih dikenal luas di sastra Inggris: "Ini adalah kebenaran yang diakui dunia bahwa pria lajang yang punya harta melimpah pastilah menginginkan seorang istri."

Meski berkisah tentang cinta, gaya penulisan Jane Austen membuat karyanya menjadi sastra klasik Inggris. Tema dalam cerita itu juga masih dianalisis di bidang sastra, seperti isu pernikahan, kelas sosial, hingga kemampuan perempuan untuk memilih.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Adaptasi Film

Elizabeth Bennett (Keira Knightley) dan Mr. Darcy (Matthew Macfadyen) di Pride and Prejudice (2005).
Perbesar
Elizabeth Bennett (Keira Knightley) dan Mr. Darcy (Matthew Macfadyen) di Pride and Prejudice (2005). Dok: Focus Feature

Pride and Prejudice pernah beberapa kali diadaptasi ke layar lebar. Pada adaptasi 2005, aktris Keira Knightley berperan sebagai Lizzy Bennett dan beradu akting dengan Matthew Macfadyen sebagai Mr. Darcy. 

Peran tokoh pendukung juga dimainkan oleh nama-nama terkenal: Rosamund Pike (yang bermain di Gone Girl) berperan sebagai Jane Bennett, kakak Lizzie yang cantik dan pemalu. 

Ada pula aktris senior Judi Dench yang memainkan peran bangsawan Lady Catherine de Bourgh yang ingin menjadikan Darcy sebagai menantunya. 

Aktor senior lain yang ikut terlibat adalah Donald Sutherland yang menjadi ayahnya Lizzie. Kelak, Sutherland meraih popularitas global sebagai President Snow di The Hunger Games

Film ini turut menjadi salah satu film pertama Carey Mulligan di dunia akting sebagai Kitty Bennett, adiknya Lizzie. Lima tahun kemudian, Mulligan meraih nominasi Oscar atas perannya di An Education.

Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya