Sukses

UEA Cegat Dua Rudal Balistik Diduga dari Houthi di Atas Abu Dhabi, Bola Api Berkobar

Kementerian Pertahanan UEA mengatakan, "pertahanan udaranya telah mencegat dan menghancurkan dua rudal balistik yang ditembakkan oleh kelompok teroris Houthi."

Liputan6.com, Abu Dhabi - Uni Emirat Arab (UEA) mengatakan pihaknya mencegat dua rudal balistik yang menargetkan ibu kotanya, Abu Dhabi pada Senin 24 Januari 2022 pagi, setelah terjadi serangan pesawat tak berawak mematikan di kota itu seminggu yang lalu.

"UEA mencegat dua rudal balistik di atas Abu Dhabi tanpa ada korban yang dilaporkan," kata Kementerian Pertahanan UEA seperti dikutip dari CNN, Senin (24/1/2022).

Dalam sebuah pernyataan, Kementerian Pertahanan UEA mengatakan, "pertahanan udaranya telah mencegat dan menghancurkan dua rudal balistik yang ditembakkan oleh kelompok teroris Houthi."

"Serangan itu tidak menimbulkan korban, karena sisa-sisa rudal balistik yang dicegat dan dihancurkan jatuh di daerah terpisah di sekitar Emirat Abu Dhabi," tambah pernyataan itu.

Kementerian tersebut mengatakan pihaknya "siap menghadapi ancaman apa pun, dan mengambil semua tindakan yang diperlukan untuk melindungi negara dari semua serangan."

Sekitar pukul 04:15 pada hari Senin, saksi di Abu Dhabi mengatakan mereka mendengar suara ledakan dan melihat apa yang mereka gambarkan sebagai bola api di langit.

Berdampak ke Dunia Penerbangan

Beberapa penerbangan tertunda tiba di bandara Abu Dhabi, menurut situs web bandara.

Situs web pelacakan penerbangan Flightradar24 menunjukkan pesawat tujuan Abu Dhabi terbang berputar-putar di dekat bandara.

Serangan rudal balistik ini terjadi seminggu setelah pemberontak Houthi yang didukung Iran mengklaim bertanggung jawab atas serangan pesawat tak berawak di dekat bandara Abu Dhabi pada 17 Januari. Serangan yang menewaskan sedikitnya tiga orang dan memicu beberapa ledakan di ibu kota UEA. Itu adalah serangan mematikan pertama di UEA dalam beberapa tahun.

Juru bicara pemberontak Houthi Yaman memperingatkan pada saat itu, "UEA adalah negara yang tidak aman selama eskalasi agresifnya terhadap Yaman berlanjut."

Menanggapi serangan itu, koalisi pimpinan Saudi yang bertempur di Yaman melancarkan serangan udara di ibu kota Yaman, Sanaa, menewaskan sedikitnya 12 orang dalam pemboman paling mematikan di kota itu sejak 2019.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Serangan Houthi Sebelumnya

Pada 21 Januari, setidaknya 82 orang tewas dan 266 terluka ketika serangan udara menghantam pusat penahanan di Yaman, menurut Menteri Kesehatan Houthi Taha Al-Mitwakel. Serangan udara lain hari itu menghantam gedung telekomunikasi di kota pelabuhan strategis Hodeidah, menyebabkan pemadaman internet nasional.

Houthi menyalahkan koalisi pimpinan Saudi atas serangan tersebut.

Koalisi yang dipimpin Saudi membantah sengaja menargetkan pusat penahanan, dengan juru bicaranya Brigjen Turki Al-Maliki menyebut klaim itu "tidak berdasar dan tidak berdasar," menurut kantor berita negara Saudi SPA.

Koalisi itu mengatakan telah menghantam Hodeidah, menjatuhkan "salah satu sarang pembajakan laut dan kejahatan terorganisir [Houthi]." Koalisi juga mengatakan mereka menyerang "target militer" di Sanaa.

UEA adalah mitra koalisi utama yang telah berjuang dalam kampanye militer enam tahun yang dipimpin Saudi untuk menghancurkan pemberontak Houthi yang didukung Iran, yang menguasai sebagian besar Yaman. Serangan dimulai pada 2015 untuk memulihkan pemerintah Yaman yang diakui secara internasional, setelah digulingkan oleh Houthi.

Koalisi telah mengintensifkan serangannya di negara yang dilanda perang setelah serangan rudal dan drone Houthi di Abu Dhabi pekan lalu.Pada 2019, UEA menarik sebagian besar pasukannya dari Yaman, setelah secara pribadi menganggap perang tidak dapat dimenangkan.

Kampanye tersebut gagal untuk menghancurkan pemberontak tetapi menimbulkan korban kemanusiaan yang besar, dengan ribuan orang Yaman tewas dan kekurangan gizi dan penyakit meluas.Baru-baru ini, UEA telah kembali ke konflik, mendukung kelompok-kelompok Yaman di titik-titik nyala seperti provinsi Shabwa dan Marib yang kaya minyak.

3 dari 3 halaman

Infografis 6 Cara Efektif Hadapi Potensi Penularan COVID-19 Varian Omicron

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.