Sukses

Ribuan Warga Prancis Demonstrasi Tolak Mandat Vaksin COVID-19

Warga Prancis berdemonstrasi menolak aturan wajib vaksin COVID-19.

Liputan6.com, Paris - Ratusan orang bergabung dengan serangkaian demonstrasi skala kecil di Prancis pada Sabtu (22/1), dua hari sebelum pembatasan yang lebih ketat mulai berlaku terhadap orang-orang yang menolak menerima vaksin COVID-19.

Penentang kebijakan tersebut mengatakan langkah-langkah yang diperkuat akan melanggar "kebebasan" sehari-hari dan mencerca apa yang mereka sebut sebagai bentuk "apartheid" sosial. Demikian seperti dikutip dari laman Channel News Asia, Minggu (23/1/2022). 

Paris menyaksikan empat aksi unjuk rasa yang sebagian besar dihadiri oleh pendukung politisi nasionalis dan kandidat presiden anti-Uni Eropa Florian Philippot.

Banyak dari mereka yang berbaris menentang pengetatan aturan terbaru terhadap orang-orang yang tidak divaksin tidak mengenakan masker saat mereka mengibarkan bendera Prancis dan membawa spanduk menuntut "kebebasan", "kebenaran" dan mendesak "tidak untuk apartheid".

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tolak Vaksin

Beberapa berteriak "vaksin lulus - resistensi total!" ketika mereka memperjelas penentangan mereka terhadap langkah-langkah terbaru dalam pawai yang mengingatkan kembali pada protes "rompi kuning" 2018-19 terhadap Presiden Emmanuel Macron. 

Di Bordeaux di barat daya, Anaelle, seorang perawat, mengecam vaksinasi wajib sebagai hal yang "memalukan".

"Orang yang telah divaksinasi menjadi sakit, jadi apa gunanya?" dia bertanya.

Meskipun ukuran protes telah menurun dalam beberapa pekan terakhir, banyak warga tetap marah pada Macron, yang telah memperingatkan bahwa ia akan terus memperpanjang pembatasan sampai yang tidak divaksinasi menerima vaksin virus corona.

Paspor kesehatan vaksin baru akan diperkenalkan di Prancis mulai hari Senin di mana mereka yang berusia 16 tahun ke atas harus menunjukkan bahwa mereka telah divaksin untuk mengakses restoran atau bar, kegiatan rekreasi atau menggunakan transportasi umum antar-wilayah.

Tes COVID-19 yang negatif tidak akan cukup lagi kecuali untuk mengakses layanan kesehatan.

3 dari 3 halaman

Infografis 12 Cara Sehat Hadapi Stres Era Pandemi Covid-19:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.