Sukses

China dan Rusia Desak AS Batalkan Sanksi PBB Terhadap Korea Utara

China dan Rusia meminta AS agar memblokir sanksi terhadap Korea Utara.

Liputan6.com, Jakarta - China dan Rusia pada Kamis (20/1) memblokir dorongan AS untuk menjatuhkan sanksi PBB pada lima warga Korea Utara sebagai tanggapan atas peluncuran rudal baru-baru ini oleh Pyongyang, kata para diplomat kepada AFP.

Blokir China datang sebelum pertemuan dewan tertutup baru di Korea Utara, juga diminta oleh Washington, dan diikuti oleh keputusan Rusia untuk menentang proposal Amerika. Demikian seperti dikutip dari laman Channel News Asia, Jumat (21/1/2022). 

Di bawah aturan PBB saat ini, periode pemblokiran berlangsung selama enam bulan. Setelah itu, anggota dewan lainnya dapat memperpanjang blok selama tiga bulan dan satu hari, sebelum proposal dihapus secara permanen dari meja perundingan.

Bersama dengan Beijing, Moskow telah lama menentang peningkatan tekanan terhadap Korea Utara, bahkan meminta keringanan sanksi internasional karena alasan kemanusiaan.

Pekan lalu, setelah Washington memberlakukan sanksi terhadap lima warga Korea Utara yang terkait dengan program rudal balistik negara itu, Amerika Serikat melakukan kampanye di Dewan Keamanan untuk memperpanjang sanksi PBB kepada lima orang yang sama.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Sanksi untuk Korut

Departemen Keuangan AS mengatakan salah satu warga Korea Utara yang terkena sanksi, Choe Myong Hyon, berbasis di Rusia dan telah memberikan dukungan kepada Akademi Ilmu Pengetahuan Alam Kedua (SANS) Korea Utara, yang sudah dikenakan sanksi.

Juga ditargetkan empat perwakilan organisasi bawahan SANS Korea Utara yang berbasis di China, kata Departemen Keuangan: Sim Kwang Sok, Kim Song Hun, Kang Chol Hak, dan Pyon Kwang Chol.

Washington menuduh kelimanya memiliki hubungan dengan program senjata pemusnah massal Korea Utara.

Korea Utara telah meluncurkan serangkaian uji coba rudal, menegaskan "haknya yang sah" untuk membela diri.

Misi diplomatik China untuk PBB tidak segera menanggapi permintaan komentar.

3 dari 3 halaman

Infografis Nuklir Korea Utara:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini