Sukses

Jakarta Banjir Lagi, Benarkah Prediksi Joe Biden Soal Ibu Kota RI Tenggelam 2050?

Pada Juli 2021, Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden menyinggung potensi Jakarta tenggelam dalam 10 tahun ke depan.

Liputan6.com, Jakarta - Sejumlah ruas jalan tergenang banjir imbas hujan deras yang menguyur DKI Jakarta pada Selasa (18/1/2022). Polisi mencatat ada beberapa wilayah di Jakarta Pusat dan Jakarta Barat yang teredam air.

Kasat Lantas Wilayah Jakarta Pusat, Kompol Purwanta menerangkan, ruas jalan di Jakarta Pusat yang banjir antara lain Jalan Letjen Suprapto, Jalan Gunung Sahari, Jalan Kemayoran dan Jalan Kartini Raya.

Purwanta menyebut, ketinggian air berkisar 30 sentimeter sampai 70 centimeter.

Munculnya genangan dan banjir dengan mudah jika Jakarta diguyur hujan seakan-akan menarik kembali ke pemberitaan yang sempat viral beberapa waktu lalu.

Pada Juli 2021, Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden menyinggung potensi Jakarta tenggelam dalam 10 tahun ke depan.

Prediksi itu disampaikan Joe Biden dalam pidatonya di hadapan para pemimpin badan intelijen di AS pada 27 Juli 2021 lalu.

Orang nomor satu di negeri Paman Sam itu menyebut bahwa Jakarta terancam tenggelam akibat perubahan iklim yang tengah melanda dunia.

"Apa yang terjadi di Indonesia jika proyeksinya benar bahwa dalam 10 tahun ke depan, mereka mungkin harus memindahkan ibu kotanya karena mereka akan berada di bawah air?" ujar Biden seperti dikutip dari situs resmi White House, whitehouse.gov pada Jumat (30/7/2021).

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Laporan Lembaga Nasional

Ini bukan kali pertama Jakarta mendapat peringatan terkait potensi kehilangan daratan. Sejumlah riset yang dilakukan lembaga nasional dan internasional memperingatkan bahwa Ibu Kota Negara Indonesia terancam tenggelam akibat perubahan iklim dan kondisi tanahnya.

Badan Penerbangan dan Antariksa AS, NASA sebelumnya telah melaporkan bahwa meningkatnya suhu global dan mencairnya lapisan es membuat sejumlah kota di pesisir pantai, seperti Jakarta terancam tenggelam akibat luapan air laut yang semakin tinggi.

Jauh sebelum NASA, lembaga nasional seperti tim peneliti geodesi dari Institut Teknik Bandung (ITB) hingga Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) sudah melakukan riset tentang penurunan permukaan tanah dan meningkatnya permukaan air laut di pesisir Jakarta.

Jika dibiarkan, bukan tidak mungkin 95 persen wilayah Jakarta akan tenggelam pada 2050 mendatang.

3 dari 3 halaman

Infografis Joe Biden Prediksi Jakarta Tenggelam 10 Tahun Lagi

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.