Sukses

Australia Alami Hari Paling Mematikan Akibat COVID-19 Gara-Gara Varian Omicron

Australia mengalami kasus kematian terbanyak sejak pandemi COVID-19.

Liputan6.com, Sydney - Australia mengalami hari paling mematikan pada Selasa (18/1) sejak awal pandemi, ketika wabah Omicron yang bergerak cepat terus mendorong tingkat rawat inap ke tingkat rekor, bahkan ketika infeksi harian sedikit mereda.

Australia sedang menghadapi wabah COVID-19 terburuknya, yang dipicu oleh varian Omicron dari virus corona yang telah menempatkan lebih banyak orang di rumah sakit dan perawatan intensif sejak awal pandemi. Demikian seperti dikutip dari laman Channel News Asia, Selasa (18/1/2022). 

Total 77 kematian tercatat, melebihi angka nasional tertinggi sebelumnya yakni 57 kematian pada Kamis lalu.

"Hari ini, adalah hari yang sangat sulit bagi negara bagian kami," kata Perdana Menteri New South Wales Dominic Perrottet selama konferensi pers ketika negara bagian itu melaporkan 36 kematian, tingkat tertinggi pandemi baru.

Hanya empat dari mereka yang meninggal di NSW telah menerima suntikan booster mereka, hingga mendorong pejabat kesehatan negara bagian untuk mendesak orang untuk menghindari penundaan dan mendapatkan dosis ketiga mereka segera.

"Perlu ada rasa urgensi dalam menerima dosis booster," kata Kepala Petugas Kesehatan NSW Kerry Chant. 

"Untuk Omicron, kami tahu bahwa perlindungannya lebih rendah dan kami membutuhkan peningkatan berikutnya untuk mendapatkan tingkat perlindungan yang lebih tinggi."

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Akibat Varian Omicron

Sementara pihak berwenang biasanya tidak merinci varian virus corona yang menyebabkan kematian, para pejabat mengatakan sebagian besar pasien dalam perawatan intensif terinfeksi dengan jenis Omicron, dengan orang-orang muda yang tidak divaksinasi membentuk "jumlah yang signifikan".

Queensland mengatakan tidak satu pun dari rekor 16 kematian di negara bagian itu yang menerima suntikan booster. Dari 45 orang yang meninggal di negara bagian itu karena COVID-19 sejak 13 Desember, hanya satu yang menerima dosis ketiga.

3 dari 3 halaman

Infografis Jurus Kemenkes Cegah Laju Omicron:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.