Sukses

4 Manfaat Tidur Tanpa Selimut, Salah Satunya Bakar Lemak Tubuh

Tidur tanpa selimut memiliki banyak manfaat kesehatan, dan bahkan dapat membantu Anda tertidur lebih cepat.

Liputan6.com, Jakarta - Sebagian besar dari kita tidak dapat membayangkan tidur tanpa selimut yang bisa membuat tubuh hangat dan nyaman.

Itu membuat kita merasa terlindungi serta aman dan merupakan bagian penting dari rutinitas waktu tidur kita.

Namun ternyata, tidur tanpa selimut memiliki banyak manfaat kesehatan, dan bahkan dapat membantu Anda tertidur lebih cepat.

Dikutip dari Bright Side berikut penelitian jika tidur tanpa selimut, Senin (17/1/2022):

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

1. Dapat Meningkatkan Metabolisme

Tidak diragukan lagi rasa nyaman dan hangat jika membungkus diri Anda dengan selimut, tetapi tidur tanpa selimut sebenarnya dapat membantu Anda menurunkan beberapa kilogram.

Tidur dalam kondisi yang lebih dingin meningkatkan metabolisme Anda dan meningkatkan jumlah lemak "baik" dalam tubuh.

 

3 dari 5 halaman

2. Tidur Lebih Cepat

Karena cuaca di luar semakin dingin, secara alami kita merasa tergoda untuk menaikkan termostat dan menutupi diri dengan beberapa selimut.

Tetapi suhu yang lebih dingin benar-benar memengaruhi cara Anda tidur dan membuatnya lebih mudah untuk tertidur.

Suhu tubuh kita mulai turun sekitar 60 hingga 90 menit sebelum tertidur, dan jika lingkungan Anda terlalu panas selama waktu ini, tubuh Anda akan membuang lebih banyak energi untuk mencoba mengatur suhu, yang akan menyebabkan Anda tetap terjaga lebih lama.

 

4 dari 5 halaman

3. Kualitas Tidur Meningkat

Jika Anda pernah terbangun di tengah malam dan merasa ingin melepaskan selimut Anda, sebenarnya ada penjelasan ilmiah untuk itu.

Suhu yang lebih dingin di malam hari membantu kita tidur lebih nyenyak, dan jika terlalu hangat, itu bisa mengganggu tidur kita.

Suhu yang lebih tinggi dapat mengganggu tahap gerakan mata Anda, menyebabkan bangun dengan lelah, bahkan jika Anda merasa sudah cukup tidur.

 

5 dari 5 halaman

4. Baik Untuk Kulit

Selimut yang hangat dan tebal dapat memerangkap panas di sekitar tubuh Anda dan selain mengganggu tidur, selimut tersebut dapat menyebabkan jenis jerawat tertentu.

Keringat dikombinasikan dengan panas dan gesekan dapat menyumbat pori-pori Anda, yang pada gilirannya dapat menyebabkan jerawat.

Apakah Anda tidur dengan atau tanpa selimut? Bisakah Anda berpisah dengan selimut demi kesehatan Anda?

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.