Sukses

Bagaimana Rice Cooker Tahu Beras yang Dimasak Sudah Matang?

Begini cara rice cooker tahu bahwa nasi yang dimasak sudah matang.

Liputan6.com, Jakarta - Pernahkah Anda bertanya-tanya dalam hati, bagaimana sebuah rice cooker atau alat pemasak nasi bisa tahu bahwa beras yang dimasak sudah matang?

Ada sejumlah peralatan yang "tahu" kapan harus dimatikan.

Penanak nasi (rice cooker) adalah salah satunya.

Bagian pemanas air dari pembuat kopi tetes hingga mesin pembuat telur rebus otomatis bekerja dengan cara yang sama, demikian dikutip dari laman howstuffworks, Senin (17/1/2022).

Semua peralatan ini menggunakan prinsip yang sama. Jika ada air dalam wadah yang dipanaskan dan air mendidih, wadah akan mempertahankan suhu konstan.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Alat Pendeteksi

Di permukaan laut, suhu didih air adalah 212 derajat F atau 100 derajat C.

Segera setelah semua air cair menguap -- atau dalam kasus penanak nasi semua air diserap oleh nasi -- maka suhu di dalam wadah langsung naik.

Alat ini memiliki termostat yang dapat mendeteksi saat suhu naik di atas 100 derajat C dalam wadah, dan mati dengan sendirinya.

3 dari 3 halaman

Infografis 5 Cara Lindungi Diri dan Cegah Penyebaran COVID-19 Varian Omicron

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.