Sukses

Benarkah Karakter Asli Upin dan Ipin Sudah Meninggal? Ini Respons Les' Copaque

Apakah benar karakter dalam film kartun Upin Ipin sudah meninggal dunia? Ini respons dari rumah produksi tempat animasi Upin Ipin bernaung, Les' Copaque.

Liputan6.com, Kuala Lumpur - Film kartun Upin Ipin begitu dikenal oleh masyarakat Indonesia. Tak kenal usia, karakter Upin Ipin melekat dengan logat Melayunya.

Animasi ini bercerita tentang dua anak laki-laki kembar yang tinggal bersama kakak dan neneknya. Seluruh ceritanya rekayasa.

Baru-baru ini, sebuah video yang viral di TikTok menunjukkan kuburan asli Upin Ipin yang letaknya bersebelahan. Keduanya diketahui meninggal pada tahun 1995 lewat nisan yang tertera.

Dalam video tersebut, diceritakan bahwa keluarga tersebut mengalami insiden kecelakaan hingga menewaskan kedua orang tuanya. Upin diketahui meninggal di tempat kejadian, sementara Ipin meninggal di tahun 1996 setelah mengalami koma. Kak Ros pun berhasil selamat dari kejadian tersebut. 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Khayalan Opah?

Di dalam kartun tersebut, Upin dan Ipin seakan tidak pernah bertumbuh besar. Hal ini pun menjadi masuk akal lantaran mereka meninggal waktu kecil.

Cerita Upin Ipin yang tengah viral dalam video itu juga disebutkan berdasarkan khayalan sang nenek, yang biasa dipanggil "Opah" dalam kartun tersebut.

Viralnya video ini pun membuat warganet bersedih atas fakta yang terkuak. Meskipun kebenaran dari video tersebut masih simpang siur, namun banyak warganet yang sudah menyampaikan empati mereka atas cerita tersebut.

Sementara itu, sejumlah netizen menyebut bahwa kuburan Upin Ipin itu berada di Palu, Sulawesi.

Benarkah itu makam tokoh Upin Ipin dalam animasi produksi Les' Copaque?

 

3 dari 5 halaman

Respons Les' Copaque Production

"Semua cerita Upin & Ipin adalah rekaan semata-mata dan ditulis sepenuhnya oleh Les' Copaque Production. Ianya tidak diambil atau diinspirasi dari kisah sesiapa yang masih hidup mahupun yang telah tiada," jelas rumah produksi animasi tersebut, Les' Copaque melalui akun Twitter @lescopaque pada Senin (17/1/2021).

Haji Burhanuddin, Pengarah Urusan Les' Copaque Production yang juga pelakon suara Atok Dalang juga merespons kabar tersebut melalui akun Twitter miliknya.

"Upin Ipin meninggal? Untuk semua penggemar Upin Ipin. Jangan khawatir mereka selalu sehat dan akan muncul bersama teman-temannya di musim baru. Ini akan lebih menarik dan standar animasi telah meningkat pesat," tulisnya melalui akun Twitter Hjburhan Radzi @atokranggi98.

 

4 dari 5 halaman

Terkejut

Sementara melalui akun Facebook, ia mengatakan terkejut atas pemberitaan yang tengah ramai di Indonesia.

"Upin Ipin meninggal? Pagi ini Atok kaget membaca berita dari Jakarta bahwa Upin Ipin meninggal dunia karena kecelakaan saat ada pekerjaan di Sulawesi. Bagaimana mereka bisa ke sana karena sekolah-sekolah di Malaysia tidak libur. Padahal tadi pagi akulah yang mengirim mereka ke taman kanak-kanak. Untuk semua penggemar Upin dan Ipin, jangan khawatir mereka selalu sehat dan akan muncul bersama teman-temannya di musim baru. Ini akan lebih menarik dan standar animasi telah meningkat pesat. Terima kasih atas perhatian Anda kepada semua penggemar Upin Ipin," tulisnya di akun Hj Burhan Radzi.

5 dari 5 halaman

Infografis Cara Cek Tiket & Jadwal Vaksinasi Booster COVID-19 Gratis

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.