Sukses

China Membangun Bulan Buatan untuk Riset Eksperimen Gravitasi

Para ilmuwan China telah membangun fasilitas penelitian Bulan buatan yang akan memungkinkan mereka untuk mensimulasikan lingkungan gravitasi rendah menggunakan magnet.

Liputan6.com, Beijing - Para ilmuwan China telah membangun fasilitas penelitian Bulan buatan yang akan memungkinkan mereka untuk mensimulasikan lingkungan gravitasi rendah menggunakan magnet.

Fasilitas Bulan buatan, yang dijadwalkan untuk diluncurkan secara resmi tahun ini, akan menggunakan medan magnet yang kuat di dalam ruang vakum berdiameter 2 kaki (60 sentimeter) untuk membuat gravitasi "menghilang", demikian seperti dikutip dari Livescience, Minggu (16/1/2022).

Para ilmuwan terinspirasi oleh percobaan sebelumnya yang menggunakan magnet untuk melayangkan seekor katak.

Li Ruilin, seorang insinyur geoteknik di China University of Mining and Technology, mengatakan kepada South China Morning Post bahwa ruangan itu, yang akan dipenuhi dengan batu dan debu untuk meniru permukaan Bulan, adalah "yang pertama dari jenisnya di dunia" dan bahwa itu bisa mempertahankan kondisi gravitasi rendah seperti itu selama "selama yang Anda inginkan."

Para ilmuwan berencana untuk menggunakan fasilitas ini untuk menguji teknologi di lingkungan gravitasi rendah yang berkepanjangan sebelum dikirim ke bulan, di mana gravitasi hanya seperenam dari kekuatannya di Bumi.

Ini akan memungkinkan mereka untuk memiliki cara pintas untuk teknis riset yang mahal, serta menguji apakah struktur tertentu akan bertahan di permukaan Bulan dan menilai kelangsungan hidup pemukiman manusia di sana.

"Beberapa eksperimen, seperti tes dampak, hanya membutuhkan beberapa detik [di simulator]," kata Li.

"Tetapi pengujian lain yang lebih rumit bisa memakan waktu beberapa hari."

Ia merujuk pada tes creep untuk mengukur berapa banyak bahan akan berubah bentuk di bawah suhu dan stres yang konstan.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Terinspirasi dari Fisikawan di Manchester Inggris

Menurut para peneliti, inspirasi untuk ruangan itu berasal dari Andre Geim, seorang fisikawan di University of Manchester di Inggris yang memenangkan Hadiah Nobel pada tahun 2000 karena merancang eksperimen yang membuat katak mengapung dengan magnet.

Trik levitasi yang digunakan oleh Geim dan sekarang di ruang Bulan buatan China berasal dari efek yang disebut levitasi diamagnetik.

Atom terdiri dari inti atom dan elektron kecil yang mengorbit mereka dalam lingkaran kecil arus. Arus bergerak ini, pada gilirannya, menginduksi medan magnet kecil.

Biasanya, medan magnet berorientasi acak dari semua atom dalam suatu objek, apakah mereka termasuk dalam setetes air atau katak, membatalkan, dan tidak ada magnet material-lebar terwujud.

Menerapkan medan magnet eksternal untuk atom-atom akan membuat semua prakondisi berubah. Elektron akan memodifikasi gerakan mereka, menghasilkan medan magnet mereka sendiri untuk menentang medan yang diterapkan.

Jika magnet eksternal cukup kuat, gaya magnet tolakan antara itu dan bidang atom akan tumbuh cukup kuat untuk mengatasi gravitasi dan melayangkan sebuah objek ke udara.

Tes yang selesai di ruangan itu akan digunakan untuk menginformasikan program eksplorasi bulan China Chang'e, yang mengambil namanya dari dewi bulan China.

Inisiatif ini termasuk Chang'e 4, yang mendaratkan rover di sisi jauh bulan pada 2019, dan Chang'e 5, yang mengambil sampel batuan dari permukaan bulan pada 2020.

China juga telah menyatakan bahwa mereka akan mendirikan stasiun penelitian bulan di kutub selatan bulan pada tahun 2029.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.