Sukses

Imbas Pemanasan Global, Kota di Australia Ini Panasnya Capai 50,7 Derajat Celcius

Sebuah kota terpencil di Australia Barat telah menyamai rekor hari terpanas di negara itu.

Liputan6.com, Onslow - Sebuah kota terpencil di Australia Barat telah menyamai rekor hari terpanas di negara itu, melaporkan panas terik 50,7 derajat Celcius (123,26 derajat Fahrenheit), kata Biro Meteorologi setempat.

Suhu seperti itu bisa menjadi hal biasa di Australia karena pemanasan global, Dewan Iklim negara itu memperingatkan.

Mengutip AFP, Jumat (14/1/2022), Kota Pesisir Onslow mencapai titik suhu tertinggi pada Kamis 13 Januari 2022 sore.

"Catatan suhu maksimum Australia Barat baru dan rekor suhu Nasional yang sama!" Biro Meteorologi negara bagian memposting di Twitter.

"Onslow mencapai yang belum pernah terjadi sebelumnya - 50.7 derajat Celcius yang merupakan rekor WA dan sama dengan hari terpanas Australia yang ditetapkan 62 tahun yang lalu di Oodnadatta SA."

Negara tersebut terakhir mencatat suhu 50,7 derajat Celcius pada 2 Januari 1960 di Bandara Oodnadatta Australia Selatan, menurut situs web biro tersebut.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tren Pemanasan Global

Direktur riset Dewan Iklim Dr Martin Rice mengatakan rekor itu adalah "bagian dari tren pemanasan jangka panjang yang didorong oleh pembakaran batu bara, minyak dan gas".

Dia mengatakan suhu ekstrem sudah memiliki "konsekuensi bencana yang mematikan" di Australia.

"Gelombang panas adalah pembunuh diam-diam di Australia, mereka menyebabkan lebih banyak kematian daripada peristiwa cuaca ekstrem lainnya," kata Rice.

Australia telah mengalami musim panas dengan kebakaran hutan di barat negara itu dan banjir mematikan di pantai timurnya.

Rice mengatakan bahwa tanpa pengurangan emisi gas rumah kaca, rekor suhu seperti itu bisa menjadi hal biasa di Australia. "Di Sydney dan Melbourne, kita akan melihat hari-hari musim panas 50 derajat pada tahun 2030," katanya.

Biro Meteorologi setempat diperkirakan bakal mengkonfirmasi catatan resmi suhu tertinggi di Kota Onslow pada Jumat sore setelah pemeriksaan kontrol kualitas selesai.

 

3 dari 3 halaman

Infografis: Bumi Makin Panas, Apa Solusinya?

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.