Sukses

34 Provinsi di Indonesia Paling Bahagia, Ini Daftarnya

Provinsi di Indonesia ini mendapat skor indeks kebahagiaan dari Badan Pusat Statistik (BPS).

Liputan6.com, Jakarta - Badan Pusat Statistik (BPS) kembali merilis Indeks Kebahagiaan 2021. Mereka mencoba mengukur kebahagiaan di provinsi di Indonesia.

Ada tiga hal utama yang BPS coba ukur, yakni Kepuasan Hidup (Life Satisfaction), Perasaan (Affect), dan Makna Hidup (Eudaimonia).

Dimensi Kepuasan Hidup mencakup kepuasaan terhadap pendidikan/keterampilan, pekerjaan, pendapatan rumah tangga, kesehatan, rumah/fasilitas, keharmonisan keluarga, waktu luan, hubungan sosial, keadaan lingkungan, dan keamanan.

Dimensi Perasaan mencakup kesenangan, kekhawatiran, tidak tertekan.

Dimensi Makna Hidup mencakup kemandirian, penguasaan lingkungan, pengembangan diri, hubungan positif dengan orang lain, tujuan hidup, dan penerimaan diri.

Survei dilaksanakan pada 1 Juli sampai 27 Agustus 2021 secara acak. BPS menggunakan metode Two Stage One Phase Sampling, dan melibatkan 75 ribu rumah tangga di 34 provinsi.

Berikut grafiknya dari BPS, dikutip Jumat (14/1/2021).

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Provinsi Paling Bahagia

Provinsi Halmahera menjadi provinsi yang paling bahagia. Lima besar yang paling bahagia adalah Maluku Utara, Kalimantan Utara, Maluku, Jambi, dan Sulawesi Utara. 

Provinsi Bali mendapat posisi yang hampir 10 besar paling tidak bahagia, dan skornya turun dari 2017. Sebagai catatan, survei ini diambil ketika ada pandemi COVID-19 ketika sektor pariwisata Bali sangat terdampak.

Berikut 24 provinsi yang paling bahagia (10 yang paling tak bahagia di halaman selanjutnya):

 

Grafik provinsi di Indeks Kebahagiaan 2021 dari BPS.

3 dari 4 halaman

Provinsi Tak Bahagia

DKI Jakarta masuk 10 besar provinsi yang paling tidak bahagia. Tak hanya itu, dua provinsi di sekitarnya juga masuk. 

Provinsi Banten berada di posisi paling bawah. Meski kota Tangerang dan Tangerang Selatan memiliki beragam mal, sekolah internasional, universitas elit, bahkan bandara internasional, tampaknya kota kembar itu tak bisa menjadi representasi keadaan provinsi Banten yang sebenarnya.

Selain itu, Aceh, Sumatera Barat, dan Sumatera Utara juga masuk daftar ini:

 

10 provinsi paling tak bahagia di 2021 menurut data BPS.

4 dari 4 halaman

Infografis COVID-19:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.