Sukses

Usai Kerusuhan, Presiden Kazakhstan Tunjuk Alikhan Smailov Jadi Perdana Menteri Baru

Presiden Kazakhstan menunjuk perdana menteri baru.

Liputan6.com, Nursultan - Setelah seminggu kerusuhan mematikan terjadi di Kazakhstan, pasukan pimpinan Rusia yang dikirim untuk memadamkan kerusuhan bersiap untuk mundur saat Presiden Kassym-Jomart Tokayev mencalonkan perdana menteri baru.

Tokayev mengatakan, kontingen pasukan yang dia minta dari Organisasi Perjanjian Keamanan Kolektif (CSTO), aliansi militer negara-negara bekas Soviet, akan mulai meninggalkan negara Asia Tengah yang bermasalah dalam dua hari, dengan penarikan tidak lebih dari 10 hari, seperti dikutip dari laman Al Jazeera, Rabu (12/1/2022). 

Sementara itu, Tokayev, yang sebelumnya memecat pemerintah dalam upaya meredakan perbedaan pendapat, menominasikan Alikhan Smailov sebagai perdana menteri, dan majelis rendah parlemen dengan cepat memilih dia untuk pekerjaan itu.

Smailov (49) menjabat sebagai wakil perdana menteri pertama di kabinet Kazakhstan sebelumnya yang diberhentikan oleh Tokayev.

Jumlah korban tewas dari protes pekan lalu tidak jelas, karena informasi yang dapat dipercaya sulit diverifikasi di negara bekas Soviet yang dikontrol ketat.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Misi CSTO

Berbicara kepada pemerintah dan parlemen dalam panggilan konferensi video yang disiarkan langsung pada hari Selasa, Tokayev mengatakan: “Misi utama pasukan penjaga perdamaian CSTO telah berhasil diselesaikan.”

Misi CSTO lebih dari 2.000 tentara dikirim pada puncak krisis pekan lalu, setelah bentrokan bersenjata antara lawan pemerintah dan pasukan keamanan dan penjarahan membuat bagian-bagian kota terbesar, Almaty, hampir tidak dapat dikenali.

Keputusan untuk mengirim pasukan sebagai penjaga perdamaian adalah yang pertama bagi CSTO, yang sering disebut-sebut oleh Moskow sebagai ekuivalen NATO tetapi sebelumnya enggan ikut campur dalam kerusuhan di Asia Tengah, wilayah yang memiliki hubungan sejarah panjang dengan Rusia.

3 dari 3 halaman

Infografis Siap-Siap Vaksinasi Booster Covid-19 Dimulai 12 Januari 2022:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.