Sukses

Pasukan Rusia di Kazakhstan Akan Mulai Pulang Minggu Ini

Bantuan pasukan Rusia akan segera kembali dari Kazakhstan minggu ini.

Liputan6.com, Nursultan - Pasukan pimpinan Rusia akan mulai menarik diri dari Kazakhstan minggu ini setelah membantu meredam protes yang dipicu oleh kenaikan harga gas, tetapi dengan cepat meningkat menjadi kerusuhan karena ribuan orang menuntut perubahan nyata oleh pemerintah. 

Dilansir dari CBS News, Rabu (12/1/2022), Presiden Kassym-Jomart Tokayev, yang memecat seluruh kabinetnya dan meminta intervensi oleh sekutu negaranya saat protes lepas kendali, mengatakan pasukan asing yang datang untuk menyelamatkannya akan segera ditarik.

Pejabat Kazakhstan telah menahan hampir 10.000 orang dalam tindakan keras mereka terhadap para pengunjuk rasa, yang melanda negara itu selama beberapa hari pada pekan lalu. 

Ribuan demonstran harus mencari bantuan medis, kata pejabat kesehatan. Sementara itu, lusinan orang kemungkinan tewas, meskipun masih belum jelas seberapa tinggi jumlah korban sebenarnya karena pihak berwenang Kazakhstan menutup internet dan hanya ada sedikit informasi yang dapat dipercaya yang tersedia tentang korban.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Perlahan Kondusif

Situasi tampak tenang minggu ini dan para pejabat telah membuka kembali negara itu, memulihkan koneksi udara dan kereta api dan menyalakan kembali internet selama beberapa jam per hari.

Penyebab awal demonstrasi adalah menentang lonjakan harga bahan bakar dengan cepat menjadi pemberontakan anti-pemerintah nasional, dengan orang-orang menuntut pemilihan lokal yang terbuka dan demokratis dan perubahan kekuasaan setelah beberapa dekade diperintah oleh beberapa orang yang sama.

Kekerasan di jalanan minggu lalu setidaknya sebagian disebabkan oleh keretakan antara dua kekuatan politik: pendukung presiden pertama Kazakhstan, Nursultan Nazarbayev, yang memerintah selama beberapa dekade setelah deklarasi kemerdekaan negara itu dari Uni Soviet hingga beberapa tahun lalu, dan pemerintahan penggantinya yang dipilih sendiri, Presiden Tokayev saat ini.

Sampai baru-baru ini, Tokayev dipandang sebagai pemimpin yang lebih lemah, tetapi dengan bantuan aliansi regional yang dipimpin Rusia, ia tampaknya telah muncul sebagai pemenang.

Nazarbayev telah absen dari mata publik sejak akhir 2021. Sekretaris persnya mengatakan dalam sebuah tweet minggu lalu bahwa dia masih berada di ibukota Kazakh, tetapi belum ada tanda-tanda kemunculannya.

3 dari 3 halaman

Infografis 5 Cara Lindungi Diri dan Cegah Penyebaran Covid-19 Varian Omicron:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.