Sukses

Fosil Naga Laut Berusia 180 Juta Tahun Ditemukan, Raksasa Sepanjang 10 Meter

Sisa-sisa jasad "naga laut" raksasa sepanjang 33 kaki (10 meter) yang berenang di laut ketika dinosaurus masih hidup sekitar 180 juta tahun yang lalu telah digali di cagar alam Inggris.

Liputan6.com, London - Fosil Sea Dragon atau naga laut raksasa dari 180 juta tahun lalu ditemukan di Inggris.

Sisa-sisa jasad "naga laut" raksasa sepanjang 33 kaki (10 meter) yang berenang di laut ketika dinosaurus masih hidup sekitar 180 juta tahun yang lalu telah digali di cagar alam Inggris. Raksasa ini adalah fosil terbesar dan terlengkap dari jenisnya yang pernah ditemukan di Inggris.

"Ini adalah penemuan yang benar-benar belum pernah terjadi sebelumnya dan salah satu penemuan terbesar dalam sejarah paleontologi Inggris," kata pemimpin penggalian Dean Lomax, ahli paleontologi dan ilmuwan tamu di University of Manchester, dalam sebuah pernyataan seperti dikutip dari Live Science, Selasa (11/1/2022).

Meskipun banyak Ichthyosaurus seperti itu telah ditemukan di Inggris, tidak ada yang sebesar penemuan naga laut saat ini.

Ichthyosaurus adalah ordo punah, atau kelompok besar, reptil laut yang berevolusi pada periode Trias sekitar 250 juta tahun yang lalu dan menghilang dari catatan fosil 90 juta tahun yang lalu, pada periode Kapur akhir. Mereka memiliki moncong yang panjang dan tampak mirip dengan lumba-lumba modern.

Fosil yang baru ditemukan milik spesies besar Ichthyosaurus yang disebut Temnodontosaurus trigonodon — pertama kali spesies ini muncul di Inggris. Joe Davis, seorang pemimpin tim konservasi untuk Leicestershire and Rutland Wildlife Trust, menemukan Ichthyosaurus di Rutland Water Nature Reserve di East Midlands pada Januari 2021, menurut sebuah pernyataan.

Davis sedang berjalan melintasi laguna yang dikeringkan dengan Paul Trevor, yang juga bekerja di cagar alam, ketika dia melihat apa yang tampak seperti pipa tanah liat yang mencuat dari lumpur dan berkata kepada Trevor bahwa mereka tampak seperti tulang belakang. Davis akrab dengan tulang makhluk laut, setelah sebelumnya menemukan kerangka ikan paus dan lumba-lumba saat bekerja di Hebrides, serangkaian pulau di barat laut Skotlandia.

"Kami mengikuti apa yang tampak seperti tulang belakang dan Paul [Trevor] menemukan sesuatu lebih jauh yang bisa jadi tulang rahang," kata Davis. "Kami sangat tidak percaya."

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Disiarkan di BBC Two

Para arkeolog menggali fosil tersebut antara Agustus dan September 2021. Penemuan ini akan ditampilkan dalam serial televisi Inggris berjudul "Digging for Britain," yang mengudara di Inggris pada Selasa (11 Januari) di BBC Two.

Para arkeolog masih mempelajari dan melestarikan fosil Ichthyosaurus dan makalah ilmiah tentang penemuan itu akan diterbitkan di masa depan, menurut sebuah pernyataan, meskipun tidak ada kerangka waktu yang diberikan.

3 dari 3 halaman

Infografis Tips Pilih Masker Medis Asli dan Aman Cegah COVID-19

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.