Sukses

Dituduh Ancam Bunuh Donald Trump, Kakek 72 tahun Ditangkap dan Diadili

Kakek 72 tahun ini ditangkap dan disidang atas tuduhan mengancam bakal membunuh mantan presiden AS Donald Trump.

Liputan6.com, Brooklyn - Seorang pria warga Queens menghadapi dakwaan federal karena diduga mengancam akan membunuh mantan Presiden Donald Trump dalam beberapa pesan ke Secret Service. Demikian menurut jaksa yang menangani kasus tersebut pada Senin 10 Januari 2022.

“Saya tidak ingin menyakiti siapa pun, tetapi saya akan melawan fasisme,” kata warga Rockaway Beach, Thomas Welnicki, 72 tahun, selama wawancara sukarela Juli 2020 dengan penegak hukum dikutip dari NY Daily News, Selasa (11/1/2022).

Ketika Welnicki diwawancarai oleh Polisi Capitol Amerika Serikat, dia mengatakan kepada mereka bahwa jika Donald Trump kalah dalam pemilihan tetapi menolak untuk meninggalkan kantor, Welnicki akan "memperoleh senjata" dan "menjatuhkannya," menurut pengaduan pidana yang dibuka di Pengadilan Federal Brooklyn hari Senin.

Menurut NY Post mengutip pengaduan pidana tersebut, Thomas Welnicki menelepon Secret Service dari ponselnya pada 4 Januari 2021, meninggalkan dua pesan suara tentang niatnya untuk membunuh "Individual-1" — yang disebutkan oleh pengaduan pidana federal Brooklyn dalam catatan kaki adalah seseorang yang disebut-sebut "Presiden Amerika Serikat dari 20 Januari 2017 hingga 20 Januari 2021."

"Saya akan melakukan apa pun yang saya bisa dilakukan untuk membunuh [Individu-1]. Oh ya itu ancaman, datang dan tangkap saya," kata Welnicki di pesan suara 4 Januari 2021.

Welnicki juga diduga mengatakan ada hadiah $ 350.000 untuk membunuh Trump dan 12 anggota Kongres yang membantunya, kata pengaduan pidana itu.

"Saya akan melakukan apa pun yang saya bisa untuk membunuh [Individual-1] dan 12 monyetnya (anteknya) ," Welnicki disebutkan melanjutkan dalam pesan suaranya. "Jika saya memiliki kesempatan untuk melakukannya di Manhattan, itu akan luar biasa."

"Besok [Individual-1] akan berada di Georgia, mungkin saya akan di sana," katanya terus mengancam. "Saya akan pergi ke Georgia besok, saya pikir [Individu-1] akan ada di sana."

Pada 24 September, Welnicki diduga menelepon Dinas Rahasia dari selnya menanyakan tentang perlindungan agensi terhadap Trump dan anak-anaknya dan senjata apa yang mereka gunakan. Dia juga bertanya bagaimana dia bisa mengatur aksi protes di rumah Trump pada Hari Pearl Harbor, menurut pengaduan pidana.

Kemudian lagi pada 8 November, Welnicki diduga menelepon agen keamanan dan memanggil Trump dengan sebutan "Hitler" dan mengatakan "Saya akan melakukan semua yang saya bisa untuk memastikan [Individual-1] mati. Ada kontrak untuk membunuh [Individu-1]."

Pada panggilan lain 2 Desember, menurut dokumen pengaduan itu, Welnicki disebut mengatakan memiliki senjata kaliber .22, menambahkan "perang saudara baru bisa pecah dan mengangkat senjata melawan pemerintah dibenarkan ketika surat suara tidak penting," 

Welnicki ditangkap oleh polisi Dinas Rahasia Amerika pada Senin 10 Januari 2022 dan muncul pertama kali di Pengadilan Federal Brooklyn sore itu.

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Dibebaskan dengan Jaminan

Setelah sidang mendengarkan video Senin sore, Hakim Vera Scanlon memerintahkan Welnicki dibebaskan dengan jaminan $50.000 yang didukung oleh saudaranya, dan dengan syarat pemantauan GPS dan jam malam di rumah.

"Welnicki juga harus menghadiri perawatan kesehatan mental dan alkohol. Dia dilarang melakukan kontak apa pun dengan Trump dan keluarganya dan tidak dapat pergi ke salah satu propertinya," kata Scanlon.

Selama persidangan, pengacara Welnicki Dierdre Von Dornum menentang pemantauan GPS, mencatat bahwa kliennya tidak memiliki senjata apa pun dan dia tidak meninggalkan Big Apple dalam 15 tahun.

Von Dornum juga menambahkan bahwa "Dinas Rahasia dan penegak hukum lainnya telah bertemu dengannya secara langsung setidaknya tiga kali selama setahun."

"Jika ada bahaya nyata di sini, saya yakin mereka akan menangkapnya lebih cepat," lanjut Von Dornum. "Jadi saya tidak melihat bahwa pemantauan lokasi diperlukan dan saya pikir itu akan menghambat perawatan dan upaya lain yang perlu dilakukan di sini."

Asisten Jaksa AS Victor Zapana mengatakan ancaman yang diduga dibuat oleh Welnicki harus ditanggapi dengan serius.

"Ada kekhawatiran yang tersisa tentang ancaman yang dia buat. Sekali lagi, itu adalah ancaman yang sangat konkret dan menakutkan," kata Zapana.

Von Dornum sejauh ini belum memberikan balasan komentar.

3 dari 3 halaman

Infografis Presiden AS Donald Trump

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.