Sukses

Serangan oleh Geng Motor di Nigeria Tewaskan 200 Orang

Serangan yang dilakukan oleh kelompok bersenjata di Nigeria menewaskan sedikitnya 200 orang.

Liputan6.com, Abuja - Sedikitnya 200 orang di negara bagian Zamfara di barat laut Nigeria telah tewas setelah gelombang serangan keji oleh gerombolan pria bersenjata selama beberapa hari.

Korban selamat mengatakan kepada BBC bahwa gangster pengendara sepeda motor menyerang desa demi desa, menembak tanpa pandang bulu.

Dilansir BBC, Senin (10/1/2022), serangan itu diyakini sebagai tanggapan atas serangan udara militer pada hari Senin yang memaksa beberapa geng kriminal dari persembunyian hutan mereka.

Kelompok-kelompok tersebut telah mengganggu Zamfara dan negara-negara tetangga selama beberapa tahun.

Dikenal secara lokal sebagai bandit, geng-geng ini adalah jaringan penjahat canggih yang beroperasi di sebagian besar wilayah, sering mencuri hewan, menculik untuk uang tebusan, dan membunuh orang-orang yang menghadapi mereka.

Minggu ini, pemerintah Nigeria secara resmi melabeli bandit sebagai teroris, dan memungkinkan pasukan keamanan untuk menjatuhkan sanksi lebih keras kepada kelompok dan pendukung mereka.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Aksi Keji

Pada hari Jumat awalnya dilaporkan bahwa lebih dari 100 orang telah dibunuh oleh tersangka militan bandit di wilayah tersebut, setelah sekitar 300 pria bersenjata dengan sepeda motor tiba di sebanyak sembilan komunitas antara Selasa dan Kamis malam.

Orang-orang bersenjata membakar rumah-rumah dan memutilasi tubuh para korban mereka dalam serangan itu.

Penduduk desa Idi Musa mengatakan kepada kantor berita AFP bahwa para penyerang juga mencuri sekitar 2.000 ternak.

Media lokal melaporkan bahwa kelompok bersenjata di balik serangan itu tampaknya sedang bergerak - menuju bagian barat negara bagian Zamfara setelah meninggalkan tempat persembunyian di kawasan hutan sebagai tanggapan atas serangan pemerintah yang berkelanjutan.

Seorang juru bicara Menteri Urusan Kemanusiaan Sadiya Umar Farouq mengatakan kepada AFP bahwa lebih dari 200 orang telah dimakamkan.

Dia juga mengkonfirmasi bahwa lebih dari 10.000 orang kehilangan tempat tinggal dan banyak yang masih hilang. 

Sementara itu, pejabat di negara bagian Kebbi yang bertetangga mengatakan para bandit telah membebaskan 30 anak sekolah dan satu guru lagi yang ditahan selama enam bulan. Tidak jelas apakah uang tebusan telah dibayarkan untuk pembebasan mereka.

3 dari 4 halaman

Kerap Lakukan Penculikan

Pada bulan Juni, para penculik membawa 102 siswa dan delapan guru dari sebuah sekolah di kota Birnin Kebbi. Jumlah yang tidak ditentukan telah dibebaskan tahun lalu, setelah orang tua mereka bernegosiasi dengan para penculik.

Penculikan untuk tebusan adalah aksi kriminal besar di Nigeria.

Sebuah cerita telah menjadi tren akhir pekan ini tentang seorang ayah dari negara bagian Katsina, yang berbatasan dengan Zamfara di timur, yang telah membongkar atap rumahnya untuk menjual terpal logam guna mengumpulkan uang tebusan sekitar $250 (Rp 3,5 juta) untuk putranya.

The Katsina Post membagikan foto Sai'du Faskari di Facebook. Dia sendiri telah diculik oleh orang-orang bersenjata, dan anak-anaknya telah mengumpulkan sekitar $125 (Rp 1,8 juta) untuk tebusan. Ketika putranya pergi untuk membayar para bandit, dia kemudian disandera.  

Presiden Nigeria Muhammadu Buhari telah berjanji bahwa pemerintah tidak akan mengalah dalam pertempuran dengan "penjahat".

"Serangan terakhir terhadap orang-orang tak bersalah oleh para bandit adalah tindakan keputusasaan oleh para pembunuh massal, sekarang di bawah tekanan tanpa henti dari pasukan militer kami," katanya dalam sebuah pernyataan pada Sabtu malam.

Angkatan bersenjata Nigeria mengatakan minggu ini bahwa mereka telah membunuh 537 "bandit bersenjata dan elemen kriminal lainnya" di wilayah tersebut dan menangkap 374 lainnya sejak Mei tahun lalu.

Ribuan tentara Nigeria telah dikerahkan untuk memerangi mereka.

4 dari 4 halaman

Infografis 4 Tips Jaga Kesehatan Mental Saat Pandemi Covid-19:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.