Sukses

Penerbangan dan Pesawat Hantu, Mencemari Langit Selama Pandemi COVID-19 Varian Omicron

Beberapa industri telah terpengaruh oleh pandemi COVID-19, termasuk bisnis penerbangan dan maskapai udara.

Liputan6.com, Brussels - Beberapa industri telah terpengaruh oleh pandemi COVID-19, termasuk bisnis penerbangan dan maskapai udara.

Dengan begitu sedikit orang yang terbang untuk bisnis atau kesenangan, maskapai penerbangan telah melaksanakan penerbangan hantu untuk mengamankan slot lepas landas dan pendaratan mereka di bandara, demikian seperti dikutip dari Gizmodo, Minggu (9/1/2022).

Penerbangan semacam itu — tanpa penumpang tetapi masih membakar bahan bakar dalam perjalanan hantu mereka — menjadi istilah yang akrab pada hari-hari awal pandemi dan terus dipertahankan selama dua tahun terakhir.

Penerbangan hantu adalah titik pertikaian di Eropa baru-baru ini, dengan maskapai memperkirakan akan kembali melakukannya pada tahun ketiga pandemi dan di tengah lonjakan varian Omicron yang telah membuat perjalanan udara turun lagi.

CEO Lufthansa Carsten Spohr mengatakan kepada Frankfurter Allgemeine Sonntagszeitung bahwa perusahaan membatalkan lebih banyak penerbangan dari yang diharapkan musim dingin ini, hasil dari varian Omicron melonjak di Eropa. Dan itu akan membatalkan lebih banyak lagi jika bukan karena cara bandara mengalokasikan gerbang penerbangan.

"Karena berkurangnya permintaan pada bulan Januari, kami bahkan akan membatalkan lebih banyak penerbangan. Tetapi di musim dingin, kami harus melakukan 18.000 penerbangan tambahan yang tidak perlu, hanya untuk mengamankan hak lepas landas dan pendaratan kami," kata Spohr, menambahkan bahwa penerbangan di Jerman, Swiss, Austria, dan Belgia sangat terpengaruh.

Penerbangan yang tidak perlu yang dimaksud Spohr adalah 'penerbangan hantu' yang telah menjadi perhatian.

Lufthansa bukan satu-satunya maskapai penerbangan yang mengatakan mereka akan menerbangkan lebih banyak pesawat hantu dalam beberapa bulan mendatang.

"Mulai sekarang hingga Maret, kami harus melakukan 3.000 penerbangan, terutama di Eropa," kata Maaike Andries, juru bicara Brussels Airlines, kepada Brussels Times.

"Kami lebih suka membatalkannya, dan mereka juga harus dihindari demi lingkungan."

Tetapi Andries menambahkan bahwa ketika jumlah penerbangan turun di bawah minimum yang diperlukan untuk mempertahankan hak lepas landas dan mendarat, itu adalah masalah, karena "slot seperti itu sangat penting bagi maskapai penerbangan."

Selain itu, maskapai penerbangan bertaruh pada rebound pasar dan tidak ingin tertinggal dari pesaing mereka. Mereka bersedia membakar bahan bakar dalam jangka pendek, bahkan datang dengan dampak bencana pada iklim.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Tanggapan Badan Perdagangan Penerbangan Eropa

Badan perdagangan bandara Airports Council International (ACI) menentang klaim maskapai penerbangan Eropa, dan menegaskan posisi Komisi Eropa pada ambang batas slot bandara (maskapai penerbangan saat ini harus mengoperasikan 50% slot atau berisiko kehilangannya, daripada standar pra-pandemi 80%).

Ambang batas 80% ditangguhkan pada Maret 2020, dan ambang batas 50% akan berakhir pada akhir Maret 2022, meskipun kedaluarsa itu dapat didorong ke akhir musim panas 2022, Brussels Times melaporkan.

"Beberapa maskapai penerbangan mengklaim mereka dipaksa untuk menjalankan volume penerbangan kosong yang tinggi untuk mempertahankan hak penggunaan slot bandara. Sama sekali tidak ada alasan mengapa ini harus menjadi kenyataan," kata Olivier Jankovec, direktur jenderal ACI EUROPE, dalam siaran pers.

"Pembicaraan tentang penerbangan hantu, dan dampak lingkungannya, tampaknya mengisyaratkan skenario kiamat yang tidak memiliki tempat dalam kenyataan. Mari kita tetap pada tugas penting untuk memulihkan dan membangun kembali bersama."

Setelah ambang batas 50% diumumkan, direktur jenderal Asosiasi Transportasi Udara Internasional menggambarkan keputusan itu sebagai "tidak berhubungan dengan kenyataan."

Asosiasi, yang mewakili hampir 300 maskapai penerbangan yang terdiri dari 82% lalu lintas udara global, memperkirakan perjalanan internasional akan menjadi sekitar 34% dari tingkat 2019 pada akhir 2021 - dan saat itulah varian Omicron hanya berkelap-kelip di mata pandemi.

3 dari 4 halaman

Berbahaya bagi Iklim dan Lingkungan

Ini bukan hanya persoalana ekonomi, tetapi juga rasa malu lingkungan. Perjalanan udara juga sangat merusak iklim, menyumbang sekitar 2,4% polusi karbon global sebelum pandemi COVID-19 berlangsung.

Sebagian berpendapat bahwa penerbangan yang penuh dengan orang setidaknya memiliki tujuan untuk membuat orang pergi ke dan dari lokasi terentu, tetapi penerbangan hantu dengan tujuan menghemat slot di bandara untuk masa depan yang tak terduga disebut tak berfaedah dan lebih membahayakan lingkungan.

Pekan ini menandai dua tahun sejak Organisasi Kesehatan Dunia melaporkan sekelompok kasus pneumonia yang akan diidentifikasi sebagai COVID-19.

Dan sejumlah maskapai masih menerbangkan pesawat kosong, menjaga kursi tetap hangat untuk industri yang tidak akan sepenuhnya kembali sampai pandemi benar-benar berakhir.

4 dari 4 halaman

Infografis Olahraga Benteng Kedua Cegah COVID-19

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini