Sukses

Isu Visa Novak Djokovic di Australia Soroti Persoalan Anti-vaksin di Serbia Eropa

Kisruh visa Novak Djokovic di Australia telah menyoroti persoalan lain: tingkat keraguan vaksin yang sangat tinggi di negara asalnya Serbia, dan secara luas, Eropa.

Liputan6.com, Jakarta - Pertarungan hukum di Australia pekan ini atas status vaksinasi COVID-19 pemain tenis Novak Djokovic telah menyoroti persoalan lain: tingkat keraguan vaksin yang sangat tinggi di negara asalnya Serbia, dan secara luas, Eropa.

Di Serbia, hanya sekitar 45 persen dari populasi telah sepenuhnya diinokulasi dan hanya 25 persen telah menerima suntikan booster, meskipun peluncuran awalnya sukses dan stok dosis habis dengan cepat, the Washington Post mewartakan, dikutip dari MSN News, Minggu (9/1/2022).

Djokovic telah membuat beberapa pernyataan skeptis tentang vaksin - dan sains secara umum - sejak awal pandemi tetapi tidak mengungkapkan status vaksinasinya.

Pemenang Grand Slam berusia 34 tahun itu tiba di Melbourne pada hari Selasa setelah tampaknya diberikan pengecualian untuk mandat vaksin untuk mengikuti kompetisi bergengsi Australia Terbuka atau Australia Open (AO).

Tetapi pejabat perbatasan dengan cepat menahannya di bandara dan mencabut visanya, dengan mengatakan bahwa dia tidak memenuhi persyaratan masuk yang ketat di Australia di tengah pandemi.

Djokovic ditahan di pusat penahanan imigran sampai pengadilan mendengar kasusnya pada hari Senin 10 Januari 2022.

Di tanah kelahirannya di Serbia, para pendukung telah berkumpul di sisi Djokovic, memujinya sebagai pahlawan nasional dan menuduh Australia menahannya dengan semena-mena.

Pada saat yang sama, kasus virus corona COVID-19 harian baru kembali meningkat setelah lonjakan infeksi yang menghancurkan dari varian delta di seluruh Serbia pada musim gugur.

Kali ini, para ahli kesehatan mengatakan, varian omicron yang sangat menular harus disalahkan, dengan jumlah kasus meningkat lebih dari 152 persen selama tujuh hari terakhir, menurut Organisasi Kesehatan Dunia.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Lonjakan COVID-19, Vaksinasi yang Melambat, dan Sentimen Anti-vaksin di Serbia

Serbia, negara berpenduduk 7 juta, telah secara resmi melaporkan sekitar 1,3 juta total kasus virus corona dan lebih dari 12.800 kematian.

Tetapi kampanye vaksinasi negara itu - yang pernah dipuji sebagai yang tercepat di Eropa - telah terhenti.

Ini telah dirusak sebagian oleh penyebaran teori konspirasi dan informasi yang salah, serta ketidakpercayaan historis terhadap lembaga-lembaga pemerintah dan pengobatan Barat pada umumnya.

"Dalam kasus Serbia, ada ketidakpercayaan umum terhadap negara dan partai-partai politik dan lembaga- lembaga," Jasna Milosevic Djordjevic, seorang profesor psikologi sosial yang berbasis di Beograd, mengatakan kepada Radio Free Europe pada Oktober 2022.

Menurut penelitian Djordjevic tentang sentimen anti-vaksin di Serbia, ketidakpercayaan masyarakat terhadap partai politik dan pemerintah juga meluas ke sistem kesehatan masyarakat negara itu.

 

3 dari 4 halaman

Ketidakpercayaan Publik

Beberapa kasus lama korupsi di akademisi dan di rumah sakit membantu menumbuhkan skeptisisme. Pada bulan Oktober, Jaringan Pelaporan Investigasi Balkan melaporkan bahwa jumlah sertifikat yang mencantumkan virus corona sebagai penyebab kematian pada tahun 2020 sebenarnya tiga kali lebih tinggi dari jumlah yang secara resmi dilaporkan kepada publik pada saat itu.

"Di Serbia, tanggapan pemerintah tidak menentu," tulis jurnalis kesehatan investigasi, Hristio Boytchev, dalam jurnal medis Inggris. "Pihak berwenang menggunakan langkah-langkah kejam pada awal pandemi. Kemudian, pada Mei 2020, darurat militer dan jam malam tiba-tiba ditinggalkan.

Presiden populis negara itu, Aleksandar Vucic, memainkan semua sisi saat pandemi berlarut-larut. Dia menggunakan pembatasan virus corona sebagai alat politik dan bermain-main dengan jumlah kematian resmi.

Dia juga mengandalkan penasihat COVID-19 yang berhaluan skeptis tetapi mendapatkan surplus vaksin untuk digunakan baik di dalam negeri maupun sebagai bagian dari ambisinya untuk diplomasi vaksin di luar negeri.

Dalam sebuah pernyataan setelah penahanan Djokovic, Vucic menyebut perlakuannya di Australia merupakan "pelecehan."

"Saya mengatakan kepada Novak kami bahwa seluruh Serbia bersamanya dan bahwa tubuh kami melakukan segalanya untuk melihat bahwa pelecehan terhadap pemain tenis terbaik dunia segera diakhiri," katanya.

4 dari 4 halaman

Infografis 5 Tips Tetap Sehat di Masa Pandemi COVID-19

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.