Sukses

Mengapa Anjing Suka Berputar Sebelum BAB? Ternyata Ini Alasannya

Alasan mengapa anjing berputar-putar sebelum buang air.

Liputan6.com, Jakarta - Manusia biasanya tidak memiliki ritual sebelum buang air besar. 

Sebagian besar hanya memastikan mereka membawa ponsel mereka, mengunci pintu, dan kemudian buang air. 

Tetapi anjing memiliki kecenderungan untuk mengawali buang air besar mereka dengan berputar-putar sebentar sebelum buang air.

Apa alasan sebenarnya?

Berbagai teori telah diperdebatkan selama bertahun-tahun. Beberapa orang mengira itu pada awalnya adalah metode meratakan rumput untuk menciptakan tempat buang air besar yang lebih menyenangkan dan tidak terlalu berduri. Demikian seperti dikutip dari laman Mental Floss, Sabtu (8/1/2022).

Yang lain mengatakan itu adalah masalah keamanan — pemindaian cepat untuk pemangsa sebelum masuk ke posisi rentan.

Namun, sebuah makalah tahun 2013 di jurnal Frontiers in Zoology menunjukkan bahwa sesuatu yang lebih kompleks sedang terjadi.

Makalah tersebut mengatakan bahwa proses buang air sebenarnya ada hubungannya dengan kalibrasi diri mereka sendiri dalam kaitannya dengan medan magnet bumi, atau setidaknya mencoba untuk melakukannya.

Sama seperti burung menggunakan kutub magnet planet untuk bernavigasi (alias magnetoreception) selama migrasi, anjing menggunakan kutub magnet mereka untuk merencanakan tempat buang air yang sempurna.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Alasan Berputar

Seorang zoologi, Hynek Burda dan timnya menghabiskan dua tahun menganalisis pembuangan anjing, mengamati 1893 proses buang air dan mengukur keselarasan anjing. 

Selama 20 persen atau lebih siang hari di mana medan magnet bumi stabil, anjing akan menyelaraskan diri untuk menghadap ke utara atau selatan sambil menekan satu keluar. 

Pada saat stabilitas magnet kurang, ketika mereka tidak dapat mendeteksi kutub, mereka akan mencoba untuk sementara waktu (dengan berputar) dan kemudian menghadap ke segala arah.

Mengapa? Burda menyarankan bahwa menyelaraskan diri dapat membantu anjing mengingat tempat, yang merupakan informasi penting saat menandai wilayah mereka.

3 dari 3 halaman

Infografis Rekomendasi IDAI & Ancaman Varian Omicron:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.