Sukses

Presiden AS Joe Biden Akan Sampaikan Pidato Kenegaraan pada 1 Maret 2022

Presiden AS Joe Biden akan menyampaikan pidato kenegaraannya.

Liputan6.com, Washington D.C - Presiden AS Joe Biden akan menyampaikan pidato kenegaraan tahunan State of the Union (SOTU) 1 Maret mendatang, Gedung Putih mengatakan hari Jumat (7/1), sementara Fraksi Demokrat terus berjuang mengendalikan COVID-19 dengan agenda legislatifnya yang mengalami kemacetan di Kongres AS.

Maret, waktu yang lebih lambat untuk menyampaikan pidato tahunan, yang biasanya dilakukan presiden pada akhir Januari atau awal Februari. Demikian seperti dikutip dari laman VOA Indonesia, Sabtu (8/1/2022).

Itu kemungkinan dikarenakan pandemi dengan varian omicron menyebar cepat di Amerika Serikat sebagaimana di negara lain, pidato kepresidenan itu biasanya di hadapan audiensi yang penuh sesak dari Kongres dan banyak tamu VIP lainnya.

Ketua DPR Nancy Pelosi menulis hari Jumat, secara resmi mengundang kepada presiden AS untuk "berpidato di Sidang Gabungan Kongres" pada 1 Maret dan berbagi visinya untuk negara.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Rencana Pidato Biden

Wakil Sekretaris Pers Karine Jean-Pierre mengatakan kepada para wartawan bahwa presiden Biden telah menerima undangan tersebut.

SOTU yang tertunda itu memberi Biden waktu tambahan untuk menghadapi pandemi COVID-19 -- yang menciptakan permasalahan baru bagi ekonomi dan menambah tekanan pada sistem layanan kesehatan yang sudah terbebani -- juga membawa momentum baru untuk paket kebijakan dalam negeri pemerintahan yang penting.

Rencana Biden yang dikenal Build Back Better – mencakup lebih dari satu triliun dolar pendanaan untuk layanan kesehatan pada anak, lansia, pendidikan, dan mitigasi perubahan iklim – mengalami kemandekan di Senat. Itu dikarenakan tentangan dari salah satu anggota partai Biden sendiri, Demokrat saat ini.

Presiden Biden juga berharap dapat meloloskan undang-undang hak pemilih yang penting ketika Demokrat menuduh Partai Republik berusaha membatasi pilihan dalam proses pemungutan suara di beberapa negara bagian.

Jika benar-benar mampu menemukan upaya mendorong reformasi, pidato kenegaraan Biden akan memberinya platform utama untuk menggembar-gemborkan kemenangan kepada masyarakat Amerika.

Pidato itu akan disampaikan pada saat tingkat persetujuan yang rendah terhadap kepemimpinan Biden yang berusia 79 tahun, serta menjelang berlangsungnya pemilihan paruh waktu bulan November 2022 mendatang, di mana partai presiden AS hampir selalu kehilangan kursi di Kongres.

3 dari 3 halaman

Infografis Tips Pilih Masker Medis Asli dan Aman Cegah Covid-19:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.