Sukses

Pasukan Rusia Tiba di Kazakhstan Bantu Atasi Aksi Demo Warga

Para pejabat Kazakhstan telah melaporkan kematian polisi dan pengunjuk rasa setelah berhari-hari kerusuhan yang dipicu oleh kenaikan harga bahan bakar.

Liputan6.com, Nur-Sultan - Pasukan Rusia telah tiba di Kazakhstan di tengah tindakan keras terhadap protes anti-pemerintah.

Para pejabat Kazakhstan telah melaporkan kematian polisi dan pengunjuk rasa setelah berhari-hari kerusuhan yang dipicu oleh kenaikan harga bahan bakar.

Seorang jurnalis BBC di kota terbesar Almaty membagikan video tembakan senjata yang terjadi pada Kamis (6/1).

PBB, AS, Inggris, dan Prancis telah meminta semua pihak untuk menahan diri dari kekerasan, demikian dikutip dari BBC, Jumat (7/1/2022).

Presiden Kassym-Jomart Tokayev menyalahkan "teroris" yang terlatih asing atas kerusuhan tersebut, tanpa memberikan bukti.

Dalam sebuah pidato di TV pemerintah pada Rabu (5/1), ia meminta dukungan kepada Organisasi Perjanjian Keamanan Kolektif (CSTO) yang dipimpin Rusia.

Blok tersebut mencakup Rusia, Kazakhstan, Belarusia, Tajikistan, dan Armenia.

Pasukan luar negeri yang dikirim ke Kazakhstan dilaporkan berjumlah sekitar 2.500 tentara.

CSTO mengatakan, pasukan itu adalah penjaga perdamaian dan akan melindungi instalasi negara dan militer. Mereka akan tinggal di negara itu selama beberapa hari atau minggu, lapor kantor berita Rusia RIA.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Pantauan AS di Tengah Kerusuhan Kazakhstan

Departemen Luar Negeri AS mengatakan, sedang memantau dengan cermat pengerahan pasukan Rusia.

"Amerika Serikat dan, sejujurnya, dunia akan mengawasi setiap pelanggaran hak asasi manusia," kata seorang juru bicara.

"Kami juga akan mengawasi tindakan apa pun yang dapat menjadi predikat penyitaan institusi Kazakh."

Sekitar 18 anggota pasukan keamanan tewas di Almaty, kata para pejabat, dan polisi mengatakan bahwa mereka telah membunuh puluhan orang yang digambarkan sebagai "perusuh" pada Rabu (5/1) malam.

Saule, seorang pekerja konstruksi berusia 58 tahun yang ambil bagian dalam protes, mengatakan kepada kantor berita AFP bahwa dia melihat pasukan keamanan menembaki para demonstran.

"Kami melihat kematian," katanya.

"Langsung sekitar 10 orang terbunuh."

 

3 dari 4 halaman

Ribuan Orang Ditahan

Kementerian dalam negeri Kazakhstan mengatakan 2.298 pengunjuk rasa juga telah ditahan.

Kerusuhan dimulai pada Minggu kemarin ketika biaya bahan bakar gas cair (LPG) -- yang digunakan banyak orang di Kazakhstan untuk bahan bakar mobil mereka -- berlipat ganda, menarik pengunjuk rasa ke jalan.

Pemerintah mengatakan bahwa batas harga bahan bakar akan dipulihkan selama enam bulan. Namun pengumuman itu gagal mengakhiri protes, yang meluas hingga mencakup keluhan politik lainnya.

Kazakhstan sering digambarkan sebagai negara otoriter, dan sebagian besar pemilihan dimenangkan oleh partai yang berkuasa dengan hampir 100% suara. Tidak ada oposisi politik yang efektif.

4 dari 4 halaman

Infografis 6 Cara Efektif Hadapi Potensi Penularan Covid-19 Varian Omicron

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.